Pengaruh tingkat pendidikan dan pelatihan serta pengalaman mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di SMA se-Kabupaten Ngawi / Budi Wahyu N. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat pendidikan dan pelatihan serta pengalaman mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di SMA se-Kabupaten Ngawi / Budi Wahyu N.

Wahyu N., Budi (2009) Pengaruh tingkat pendidikan dan pelatihan serta pengalaman mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di SMA se-Kabupaten Ngawi / Budi Wahyu N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan suatu Negara tidak dapat dipisahkan dari keberadaan kualitas pendidikan dan kualitas guru sehingga dari tahun ke tahun kualitas pendidikan dan kualitas guru sering mendapatkan sorotan. Kualitas sangat menentukan setiap program pendidikan di samping faktor lainnya seperti tersedianya sarana dan prasarana yang memadai serta kurikulum yang baik. Dengan kata lain kualitas pendidikan tidak lepas dari upaya meningkatkan kualitas guru sebagai tenaga pengajar. Kualitas pendidikan tidak akan terwujud walaupun didukung oleh buku-buku pelajaran maupun sarana dan prasarana yang lengkap apabila guru-guru yang melaksanakan pembelajaran tersebut kurang berkualitas. Guru perlu memiliki kemampuan dan keahlian bidang studi ekonomi serta mampu mempengaruhi siswa untuk belajar sehingga terjadi proses belajar mengajar yang baik pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan rumusan masalah yang ada maka dapat diketahui tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat pendidikan dan pelatihan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Se- Kabupaten Ngawi (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kondisi pengalaman mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Se- Kabupaten Ngawi (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kondisi prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Se- Kabupaten Ngawi (4) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh tingkat pendidikan dan pelatihan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Se- Kabupaten Ngawi (5) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh pengalaman mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Se- Kabupaten Ngawi (6) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh tingkat pendidikan dan pelatihan serta pengalaman mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Se- Kabupaten Ngawi. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menggambarkan tentang kondisi objektif tingkat pendidikan dan pelatihan pengalamn mengajar guru dan prestasi belajar siswa. Sedangkan analisis statistik inferensial yaitu regresi linier berganda atau ubahan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara tingkat pendidikan dan pelatihan serta pengalaman mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa. Variabel bebas penelitian ini terdiri dari tingkat pendidikan dan pelatihan (X1) dan pengalaman mengajar guru (X2). Sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar siswa (Y) populasi dalam penelitian ini adalah guru yang ada di SMA se-kabupaten ngawi berjumlah 33 orang dan siswa yang berjumlah 1.020 orang. Jumlah siswa diambil sampel 102 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Samling. Dari pengolahan data melalui uji hipotesis dapat diketahui bahwa pada variabel tingkat pendidikan dan pelatian (X1) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar terbukti besaran probabilitas (Sig) pada variabel tingkat pendidikan dan pelatihan (X1) adalah 0 000 (1 99). Jika dilihat dari tingkat signifikansinya 0 000 di bawah 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pada variabel pengalaman mengajar guru (X2) secara parsial juga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan besaran probabilitas (Sig) pada variabel pengalaman mengajar guru (X2) adalah 0 005 0 05 dan t hitung (512 ) (1 99). jika dilihat dari tingkat signifikansinya 0 005 di bawah 0 05 maka ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan secara simultan berdasarkan dari hasiln uji F diketahui besar probabilitas (Sig.) 0 005 0 05 dan F hitung (53 287) F tabel (3 115) menunjukan bahwa tingkat pendidikan dan pelatihan serta pengalaman mengajar guru terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa tingkat pendidikan dan pelatihan serta pengalaman mengajar guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMA se kabupaten Ngawi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38677

Actions (login required)

View Item View Item