Pengaruh sistem layanan akademik di Fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan pendidikan / Titah Aunur Akhadiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sistem layanan akademik di Fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan pendidikan / Titah Aunur Akhadiah

Akhadiah, Titah Aunur (2009) Pengaruh sistem layanan akademik di Fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan pendidikan / Titah Aunur Akhadiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Akhadiah Titah Aunur. 2008. Pengaruh Sistem Layanan Akademik di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Terhadap Kepuasan Mahasiswa Sebagai Pelanggan Pendidikan. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Pranowo SE M.Pd. Ak (II) Dwi Wulandari SE MM. Kata kunci layanan akademik kepuasan mahasiswa. Universitas Negeri Malang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang dikenal masyarakat sebagai perguruan tinggi yang mencetak lulusannya menjadi tenaga kerja yang profesional. Untuk dapat menjadikan lulusannya menjadi tenaga yang profesional tentunya harus diimbangi dengan memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat yakni dengan memberikannya dalam bentuk layanan pendidikan kepada mahasiswa sebagai pelanggan pendidikan guna menghasilkan lulusan yang sesuai dengan harapan masyarakat. Sebagai lembaga yang bergerak dalam hal pelayanan bidang pendidikan tentunya Fakultas Ekonomi perlu meningkatkan kualitas terutama pada sistem layanan akademik yang berorientasi pada mahasiswa sebagai pengguna/pelanggan layanan untuk memperoleh kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Bagaimana persepsi mahasiswa sebagai pelanggan pendidikan terhadap sistem layanan akademik di FE UM (2) Bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan pendidikan terhadap sistem layanan akademik di FE UM (3) Apakah ada pengaruh sistem layanan akademik di FE UM terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan pendidikan Variabel yang diangkat dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu sistem layanan akademik dengan sub variabel layanan kepenasihatan (x1) layanan perkuliahan (x2) layanan fakultas (x3) serta variabel terikat yaitu kepuasan mahasiswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FE UM angkatan 2006 yang berjumlah 1297 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling berjumlah 128 orang yakni 10% dari jumlah populasi. Berdasarkan analisis regresi diketahui 946 1 0 291 946 2 0 064 946 3 0 432 pengujian f 26 899 signifikan 0 000. Adjusted R Square sebesar 0 380. Hal ini membuktikan pengaruh layanan akademik (layanan kepenasihatan layanan perkuliahan dan layanan fakultas) di FE UM dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan pendidikan. Sehingga ada pengaruh yang signifikan antara sistem layanan akademik di FE UM terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan pendidikan. i Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ada pengaruh yang signifikan antara sistem layanan akademik di FE UM terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan pendidikan telah terbukti. Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama melaksanakan penelitian ini adalah (1) Perbaikan dan penambahan fasilitas untuk memperlancar proses perkuliahan serta kemudahan mahasiswa dalam menikmati fasilitas tersebut. (2) Perbaikan sistem layanan akademik seperti sistem layanan KRS online agar dibuat fleksibel sehingga mahasiswa tidak harus mengantri untuk melakukan pengisian KRS online. (3) Layanan akademik yang saat ini berlaku di FE UM hendaknya lebih ditingkatkan lagi agar mahasiswa tidak merasa repot dalam menikmati layanan sehingga tingkat kepuasan mahasiwa dapat terpenuhi dan merasa puas. (4) Agar kiranya untuk mempertahankan persepsi atau penilaian mahasiswa tentang kualitas layanan akademik yang diberikan lembaga (Fakiltas Ekonomi) maka pihak FE harus dapat memberikan perhatian yang lebih khusus kepada mahasiswa yang menggunakan jasa pelayanan ini sehingga mahasiswa nantinya akan tetap memberikan kesan yang positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38673

Actions (login required)

View Item View Item