Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Ary Murvita Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Ary Murvita Rahayu

Rahayu Ary Murvita (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Ary Murvita Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat serta globalisasi yang melanda dunia termasuk bangsa Indonesia mengakibatkan dunia pendidikan dihadapkan pada berbagai perubahan. Upaya peningkatan mutu pendidikan dapat tercapai secara optimal melalui pembenahan dan perbaikan secara terus-menerus terhadap berbagai komponen pendidikan. Dalam upaya memperbaiki mutu pendidikan peran motivasi bagi siswa sangatlah penting dalam belajar maka seorang guru diharapkan pula dapat membangkitkan dan meningkatkan motivasi belajar para siswa. Salah satu strategi untuk membangkitkan motivasi belajar siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model two stay two stray. Model two stay two stray adalah suatu teknik yang memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lain dimana dalam satu kelompok terdiri dari empat siswa yang nantinya dua siswa bertugas sebagai pemberi informasi bagi tamunya dan dua siswa lagi bertamu ke kelompok yang lain secara terpisah sehingga terdapat proses pemberian dan penerimaan informasi antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Apakah penerapan pembelajaran model two stay two stray dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang pada mata pelajaran ekonomi (2) Apakah penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang pada mata pelajarn ekonomi Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang dengan jumlah 37 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik analisa data yang digunakan untuk hasil belajar digunakan rata-rata nilai hasil tes dan angket motivasi belajar siswa. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui hasil belajar aspek afektif siswa dan observasi kegiatan guru. Hasil belajar aspek kognitif diperoleh dengan memberikan tes disetiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model two stay two stray dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan motivasi hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 3 47 dengan kategori cukup menjadi 3 64 pada siklus II dengan kategori baik (meningkat sebesar 4 9%). Dengan penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar aspek kognitif dari nilai rata-rata sebesar 80 54 pada siklus I meningkat menjadi 86 34 pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 7 16%. Sedangkan hasil belajar aspek afektif dari nilai rata-rata sebesar 78 38 pada siklus I meningkat menjadi 84 99 pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 8 94%. Adapun saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah (1)Bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Malang pada khususnya dan para guru ekonomi di sekolah lain pada umumnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model two stay two stray sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas dalam rangka meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa (2) Untuk peneliti berikutnya yang hendak menerapkan pembelajaran kooperatif model two stay two stray hendaknya dilakukan secara bertahap sesuai dengan langkah-langkahnya serta memperhitungkan alokasi waktu yang disediakan agar mendapatkan hasil yang optimal (3) Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan lingkungan belajar siswa dan ketersediaan waktu yang cukup (4)Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda (5) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan tindakan lebih dari dua siklus sehingga hasil yang diperoleh dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38670

Actions (login required)

View Item View Item