Pengaruh sikap pada pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi berdasarkan latar belakang sekolah asal (SMP/MTs) (Studi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang) / Ratna Khomaini Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sikap pada pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi berdasarkan latar belakang sekolah asal (SMP/MTs) (Studi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang) / Ratna Khomaini Anwar

Anwar, Ratna Khomaini (2009) Pengaruh sikap pada pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi berdasarkan latar belakang sekolah asal (SMP/MTs) (Studi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang) / Ratna Khomaini Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menegrah Atas dan sederajat khususnya SMA Negeri 8 Malang adalah suatu lembaga pendidikan umum yang menggunakan kurukulum dari Departemen Pendidikan Nasional. Dengan kurukulum yang ada tentunya bobot pelajaran yang diberikan sesuai dengan standar Departemen Pendidikan Nasional. Input dari penerimaan siswa baru (PSB) SMA Negeri 8 Malang tentunya dari berbagai macam latar belakang pendidikan yang berbeda misalnya dari SMP dan MTs dalam hal ini tentunya terdapat perbedaan persepsi siswa tentang pelajaran pun akan berbeda khususnya pada pelajaran ekonomi. Perbedaan presepsi tentang pelajaran ini nantinya akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Sebagai pendidik perlajaran ekonomi tentunya harus sigap dalam menanggapi permasalahan ini. Pendidik terutama guru harus mengetahui karakteristik siswa sehingga hal-hal yang dapat menghambat proses pembelajaran dapat teratasi dan tujuan pembelajaran dapat berjalan secara optimal. Adapun rumusan masalah yang ingin diteliti sebagai berikut (1)Adakah pengaruh sikap pada pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa SMA Negeri 8 Malang (2) Apakah terdapat perbedaan sikap terhadap pelajaran ekonomi antara siswa yang berasal dari SMP dan MTs (3)Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi antara siswa yang berasal dari SMP dan MTs Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sikap pada pelajaran ekonomi (X) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar ekonomi (Y). Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang yang berjumlah 86 siswa. Karena jumlah responden kelas XI IPS kecil (kurang dari 100) maka sampel yang digunakan adalah populasi yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis analisis regresi linear adan uji Independent Sample T Test. keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS Versi 13.00 Berdasarkan hasil analisis regresi linier diketahui nilai bahwa Ha yang berbunyi terdapat pengaruh positif yang signifikan antara sikap pada pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi diterima. Prestasi belajar ekonomi (Y) dapat dijelaskan oleh sikap pada pelajaran ekonomi. Sisanya sebesar 55 7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan di dalam penelitian ini. Dari penelitian ini juga dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang berasal dari SMP dan MTs akan tetapi pada prestasi belajar tidak terdapat perbedaan. i Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sikap pada pelajaran ekonomi mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 8 Malang. Dari penelitian ini juga dapat diketahui bahwa sikap pada pelajaran ekonomi terdapat perbedaan antara siswa yang berasal dari SMP dan MTs. Namum dalam hasil perhitungan prestasi belajar ekonomi tidak terdapat perbedaan antara siswa yang berasal dari SMP dan MTs. Berdasarkan kesimpulan di atas maka penulis menyarankan (1) Siswa yang berasal dari SMP atau MTs hendaknya meningkatkan belajarnya baik siswa yang berasal dari SMP atau MTs ketika di sekolah lanjutan adalah satu kesatuan utuh komponen pendidikan yang sederajat. (2) Bagi Guru di SMA Negeri 8 Malang hendaknya menumbuhkan sikap positif pada pelajaran ekonomi. Mengingat sikap mempunyai pengaruh dalam meningkatkan prestasi siswa dimana prestasi adalah salah satu tolak ukuk keberhasilan suatu pembelajaran. (3)Bagi pembaca SMP atau MTs adalah kelompok pendidikan baik mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengenai perbedaan sikap pada pelajaran tertentu adalah tergantung obyek sikap tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38669

Actions (login required)

View Item View Item