Peningkatan interaksi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran aktif (Active Learning) dengan teknik kartu masalah dalam pembelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Srengat Blitar / Naila Riza Umami - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan interaksi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran aktif (Active Learning) dengan teknik kartu masalah dalam pembelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Srengat Blitar / Naila Riza Umami

Umami, Naila Riza (2010) Peningkatan interaksi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran aktif (Active Learning) dengan teknik kartu masalah dalam pembelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Srengat Blitar / Naila Riza Umami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Umami Naila Riza. 2009. Peningkatan interaksi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran aktif (active learning) dengan teknik kartu masalah here dalam pembelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S.sos M.Si. (II) Dra. Lisa Rohmani M.Si. Kata Kunci Model pembelajaran aktif (active learning) dengan teknik kartu masalah interaksi belajar. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi belajar siswa kelas X-A SMA Negeri 1 Srengat. Melalui penerapan model pembelajran aktif (active learning) dengan teknik kartu masalah. Berdasarkan observasi awal pada kelas yang diteliti dapat diketahui bahwa pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Srengat Blitar secara umum masih mengacu pada model pembelajaran dimana guru menerangkan sementara siswa mendengarkan kemudian mengerjakan latihan soal dan mengumpulkannya. Dalam hal ini interaksi siswa dalam kegiatan pembelajaran kurang maksimal karena kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru menjadi sumber informasi utama. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMA Negeri 1 Srengat semester gasal tahun ajaran 2008/2009 pada materi pasar barang dan pasar input. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 dan 24 Desember 2008 untuk siklus I dan tanggal 30 dan 31 untuk siklus II. dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan kegiatan guru lembar observasi ketrampilan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan jawaban siswa lembar observasi interaksi siswa observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran angket pernyataan siswa setra wawancara informal dengan guru mata pelajaran ekonomi dan catatan lapangan sebagai data pendukung penelitian. Analisis hasil penelitian dideskripsikan dengan menggunakan teknik presentase. Penelitian ini bertujuan umtuk menjawab Bagaimana menerapkan model pembelajaran aktif (active learning) dengan teknik kartu masalah untuk meningkatkan interaksi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Srengat . Serta apakah model pembelajaran aktif (active learning) dengan teknik kartu masalah mampu meningkatkan interaksi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Srengat Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa penerapan pembelajaran model pembelajaran aktif (active learning) dengan teknik kartu masalah pada siswa kelas X-A SMA Negeri 1 Srengat terbukti telah mampu menyelesaikan masalah lemahnya interaksi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi. Peningkatan interaksi terjadi antara siswa dengan siswa siswa dengan guru maupun siswa dengan sumber belajar. Siswa lebih aktif dan berani bertanya serta mengemukakan pendapat pada saat diskusi yang melibatkan seluruh kelas. Untuk keterlaksanaan kegiatan guru meningkat dari siklus I sebesar 76 5% menjadi 100% pada siklus II. Untuk ketrampilan siswa dalam mengajukan pertanyaan peningkatan dari siklus I sebesar 34 2% menjadi 42 8% pada siklus II dan ketrampilan siswa menjawab pertanyaan juga meningkat dari 59 9% menjadi 81 5% di siklus II. Sedangkan untuk interaksi siswa juga mengalami peningkatan dari 37 37 % menjadi sebesar 63 33% pada siklus II. Untuk aktivitas siswa selama proses pembelajaran terdapat 3 aspek penilaian yang rata-rata pada siklus I sebesar 62 2 % dan terdapat peningkatan pada masing-masing aspek pada siklus II rata-rata sebesar 90 6% . Sedangkan untuk pernyataan siswa setelah pembelajaran dengan model pembelajaran aktif (active learning) dengan teknik kartu masalah juga mengalami peningkatan dari 3 34 menjadi 4 16. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru serta pihak sekolah untuk mensuport/membantu dan memotivasi siswa untuk terbiasa membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan agar siswa mempunyai percaya diri dalam berinteraksi dengan sesama siswa. Para guru juga harus memiliki sikap keterbukaan kesediaan menerima kritik dan saran terhadap kelemahan-kelemahan dalam proses pembelajaran. Untuk pihak sekolah mendukung guru-guru untuk mengembangkan macam-macam model pembelajaran dalam proses pembelajaran agar selalu ada peningkatan kualitas pembelajaran baik dari proses maupun hasil belajar siswa. Dan memotivasi guru untuk menulis karya ilmiah dengan salah satu cara melaksanakan penelitian tindakan kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38666

Actions (login required)

View Item View Item