Penerapan metode pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pagak Kecamatan Pagak Kabupaten Malang / Devy Revykawanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pagak Kecamatan Pagak Kabupaten Malang / Devy Revykawanti

Revykawanti, Devy (2009) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pagak Kecamatan Pagak Kabupaten Malang / Devy Revykawanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Pagak diperoleh informasi bahwa pembelajaran ekonomi sudah mulai menggunakan variasi bentuk model-model pembelajaran namun dalam pelaksanaannya masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan buku penunjang masih sangat kurang serta minat siswa membaca masih sangat kurang selain itu model-model pembelajaran yang dilakukan sebagian besar hanya ceramah dan tanya jawab saja. Akan tetapi pada pokok bahasan tertentu terkadang menggunakan diskusi sebatas diskusi model konvensional ini membuat siswa cenderung bosan pasif tanpa peran aktif dalam proses pembelajaran serta siswa cenderung kurang termotivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh terjadi komunikasi satu arah guru aktif murid pasif materi yang diajarkan verbal dan orientasi pembelajaran pada materi. Sehingga dari beberapa hal tersebut kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran ekonomi belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengolah konsep dan ide sendiri sehingga tidak tampak pola konstruktivis pada siswa dan terjadi penurunan gairah belajar. Penurunan tersebut disebabkan oleh ketidaktepatan pemilihan metode pembelajaran penggunaan metode diskusi yang sistem penggunaannya tidak terprogram dapat menimbulkan kesulitan guru dalam mengelola kelas sehingga siswa menjadi ramai dan kurang konsentrasi pada pelajaran. Selain itu siswa juga kurang berpartisipasi dalam PBM serta pertanyaan gagasan pendapat dari siswa jarang muncul. Salah satu model pembelajaran yang dapat memperbaiki proses belajar mengajar di kelas tersebut adalah pembelajaran model numbered head together adalah strategi pembelajaran dimana para siswa aktif bekerjasama dalam kelompok kecil yang dimulai dengan penomoran pengajuan pertanyaan berpikir bersama dan pemberian jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pagak Kab. Malang pada mata pelajaran ekonomi. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif numbered head together dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pagak Kab. Malang. (3) Untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pagak Kab. Malang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-D SMA Negeri 1 Pagak untuk kemampuan berpikir kritis diambil sampel 7 siswa sedangkan hasil belajar dengan jumlah 36 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik analisa data yang digunakan untuk hasil belajar digunakan kriteria ketuntasan belajar dengan SKM 78 kemudian dibandingkan antara siklus I dan siklus II. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan observasi kegiatan guru. Hasil belajar yang diperoleh dengan guru memberikan tes di setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model numbered head together kecenderungan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang ditunjukkan oleh peningkatan sebagian besar tiap indikator kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-D SMA Negeri 1 Pagak pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan bentuk pasar yaitu pada siklus I sebagian besar siswa mendapat skor 2 yang artinya tidak tepat dan tidak teliti sedangkan pada siklus II sebagian besar siswa mendapat skor 3 berarti teliti tapi kurang tepat. Adapun saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah (1) Bagi guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Pagak pada khususnya dan para guru ekonomi di sekolah lain pada umumnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model numbered head together sebagai salah satu alternative pembelajaran di dalam kelas dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa. (2) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together hendaknya dilakukan secara bertahap sesuai dengan langkah-langkahnya agar mendapatkan hasil yang optimal. (3) Sebaiknya guru merubah posisi duduk yang mendukung untuk jalannya diskusi misalnya berbentuk U karena selama ini siswa hanya duduk mendekat dengan kelompoknya. (4) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan lingkungan belajar siswa dan ketersediaan waktu yang cukup. (5) Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda. (6) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan tindakan lebih dari dua siklus sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38664

Actions (login required)

View Item View Item