Penerapan metode pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-3 SMAN 3 Jombang / Roseana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-3 SMAN 3 Jombang / Roseana

Roseana (2009) Penerapan metode pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-3 SMAN 3 Jombang / Roseana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi masalah yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran adalah bagaimana meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar. Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Usaha yang sudah dilakukan guru sebelumnya antara lain dengan melakukan presentasi hasil kerja siswa dengan proses diskusi tetapi usaha ini ternyata kurang efektif karena dalam proses diskusi keaktifan hanya didominasi oleh beberapa siswa saja dan siswa yang pasif tidak mengalami perubahan untuk menjadi aktif. Maka berdasarkan observasi awal perlu diadakan suatu penelitian dengan menerapkan suatu metode pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Apakah penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 3 Jombang (2) Apakah penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-3 SMA Negeri 3 Jombang Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara jelas dan nyata tentang peristiwa yang tampak selama proses pembelajaran berlangsung. Peristiwa yang dimaksud adalah proses pelaksanaan langkah pembelajaran yang diterapkan di kelas motivasi siswa serta kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Jombang kelas X semester 1 tahun ajaran 2008/2009. Sampel penelitian yaitu kelas X-3 sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa pada motivasi siswa jika dilihat dari aspek ketekunan aspek minat aspek perhatian dari ketiga aspek motivasi diatas didapat rata-rata 58 19 yang termasuk klasifikasi cukup. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek melakukan pengamatan aspek merumuskan hipotesis aspek melakukan diskusi aspek menganalisis data aspek keterampilan siswa bertanya aspek keterampilan siswa menjawab aspek tingkat keterampilan berpikir siswa aspek membuat kesimpulan aspek menerapkan konsep. Dan dari kesembilan aspek kemampuan berpikir kritis diatas didapat rata-rata 53 39 yang termasuk klasifikasi cukup baik. Sedangkan Hasil penelitian siklus II menunjukkan bahwa pada motivasi siswa didapat rata-rata 58 19 yang termasuk klasifikasi cukup. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa didapat rata-rata 70 75 yang termasuk klasifikasi cukup baik. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa. Penerapan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 3 Jombang dalam mata pelajaran ekonomi pokok bahasan permintan dan penawaran yaitu pada siklus I dengan kategori cukup meningkat pada siklus II dengan kategori tinggi. Penerapan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-3 SMA Negeri 3 Jombang dalam mata pelajaran ekonomi pokok bahasan permintaan dan penawaran yaitu terlihat pada peningkatan tiap siklusnya. Adapun saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah (1) bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Jombang pada khususnya dan para guru ekonomi di sekolah lain pada umumnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran kontekstual model Problem Based Learning sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas dalam rangka meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa. (2) penerapan pembelajaran kontekstual model Problem Based Learning hendaknya dilakukan secara bertahap sesuai dengan langkah-langkahnya agar mendapatkan hasil yang optimal. (3) penerapan pembelajaran kontekstual model Problem Based Learning hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan lingkungan belajar siswa dan ketersediaan waktu yang cukup. (4) pada penelitian ini dalam mengukur hasil belajar peneliti hanya mengukur ranah kognitif saja. Oleh karena itu bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengukur ketiga ranah yang meliputi ranah kognitif afektif dan psikomotor. (5) penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda. (6) bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan tindakan lebih dari dua siklus sehingga hasil yang diperoleh dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38663

Actions (login required)

View Item View Item