Penerapan metode pembalajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (Stad) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 5 Malang / Nur Aini Hayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembalajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (Stad) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 5 Malang / Nur Aini Hayati

Hayati, Nur Aini (2009) Penerapan metode pembalajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (Stad) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 5 Malang / Nur Aini Hayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hayati Nur Aini. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 5 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si. (I) Farida Rahmawati S.E M.E Kata kunci STAD (Student Teams Achievement Divisions) Motivasi Hasil Belajar. Keberhasilan dalam proses pembelajaran yang dicapai oleh guru tidak lepas dari strategi atau metode pembelajaran yang digunakan. Kepandaian guru dalam menentukan metode pembelajaran berdampak positif dalam peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah cooperative learning model STAD. Cooperative learning model STAD merupakan pendekatan cooperative learning yang menekankan pada aktivitas dan interaksi di antara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Ide dasar STAD adalah bagaimana memotivasi siswa dalam kelompok agar mereka dapat saling mendorong dan saling membantu satu sama lain dalam menguasai materi yang disajikan serta menumbuhkan suatu kesadaran bahwa belajar itu penting dan menyenangkan. Motivasi adalah suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil dan tujuan tertentu. Hasil belajar adalah kemampuan belajar yang dicapai siswa setelah mengikuti pelajaran atau hasil yang telah diperoleh siswa dari pengalaman-pengalaman dan latihan-latihan yang diikutinya selama pembelajaran berupa kognitif afektif dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang. (2) Apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif naturalistik yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara jelas dan nyata tentang peristiwa yang tampak selama proses pembelajaran berlangsung. Peristiwa yang dimaksud adalah proses pelaksanaan langkah pembelajaran yang diterapkan di kelas motivasi siswa serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Malang kelas X semester 1 tahun ajaran 2008/2009. Sampel penelitian yaitu kelas X-3 sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Data untuk motivasi belajar ekonomi siswa pada siklus I dapat diperoleh nilai rata-rata motivasi berdasarkan lembar observasi 57 14% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 100%. Dan untuk motivasi belajar ekonomi siswa dapat diperoleh nilai rata-rata motivasi berdasark angket motivasi 3.04 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 3 30. Sedangkan hasil belajar ekonomi siswa pada siklus I sebelum diterapkannya model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) adalah 66 32 dengan skor tertinggi 85 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (skor 8805 75) sebanyak 6 siswa. Setelah diterapkan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) rata-rata skor siswa meningkat menjadi 72 11 dengan skor tertinggi sebesar 95 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (skor 8805 75) sebanyak 21 siswa. Sedangkan pada siklus II rata-rata skor tes siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) adalah 72 37 dengan skor tertinggi 90 dan jumlah siswa yang tuntas belajar ( skor 8805 75) sebanyak 18 siswa. Setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) rata-rata skor siswa meningkat menjadi 83 29 dengan skor tertinggi sebesar 100 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (skor 8805 72) sebanyak 35 siswa. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari Penerapan STAD (Student Teams Achievement Divisions) yaitu (1) Motivasi belajar ekonomi siswa kelas X-3 SMA Negeri 5 Malang setelah diterapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkat. (2) Hasil belajar ekonomi siswa kelas X-3 SMA Negeri 5 Malang setelah diterapkan Model STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38662

Actions (login required)

View Item View Item