Peningkatan prestasi belajar ekonomi dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri di SMA Islam Malang / Danang Asta Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar ekonomi dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri di SMA Islam Malang / Danang Asta Setyawan

Setyawan, Danang Asta (2009) Peningkatan prestasi belajar ekonomi dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri di SMA Islam Malang / Danang Asta Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyawan Danang Asta. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar Ekonomi dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Inkuiri di SMA Islam Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Yohanes Hadi S M.Div ME. Pembimbing (2) Imam Mukhlis S.E M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Ikuiri Prestasi Belajar Motivasi belajar. Dengan hadirnya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) berkembang pula satu pendekatan pembelajaran yang diterapkan dengan pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning). Dalam pendekatan kontekstual inilah dikenal asas inkuiri yang merupakan suatu teknik penemuan yang cara penyajian bahan pembalajaran lebih banyak melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan pada kelas XC SMA Islam Malang sikap siswa masih cenderung pasif dan mudah bosan dalam mengikuti proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa juga masih rendah. Faktor penyebabnya adalah kurangnya motivasi dalam diri siswa untuk belajar. Solusi konkrit untuk mengatasi hal permasalahan tersebut yaitu dengan diterapkannya model pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri diharapkan mampu merangsang siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan pada akhirnya meningkatkan prestasi belajarnya Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri dan mengetahui peningkatan prestasi belajar ekonomi serta motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri pada kelas XC SMA Islam Malang tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbentuk penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam 2 siklus. Kegiatan pada setiap siklus diarahkan pada penerapan langkah-langkah pembelajaran inkuiri secara bersama-sama. Pada siklus 1 siswa masih mengalami kesulitan didalam menyesuaikan diri dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dan hanya beberapa siswa yang berani aktif. Kendala dan kelamahan pada siklus 1 diperbaiki dan disempurnakan pada siklus 2. Dimana siklus 2 sebagai pemantapan siswa mulai terbiasa dengan model pembelajaran inkuiri. Dari hasil analisis dan refleksi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi dan motivasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar ekonomi siswa ditunjukkan dengan hasil evaluasi pada a) aspek kognitif (pre tes dan pos tes) b) aspek afektif dan c) psikomotorik. Peningkatan prestasi siswa pada aspek kognitif ini dilihat dari perbandingan hasil evaluasi pre tes dan pos tes pada setiap siklus dari hasil tersebut terlihat bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari hasil pre tes dan pos tes. Sedangkan untuk siklus 2 ditemukan data bahwa terdapat i penurunan dan peningkatan jumlah siswa pada indikator ketercapaian prestasi belajar dimana terjadi peningkatan jumlah siswa yang signifikan dari siklus 1 ke siklus 2 terhadap indikator ketercapaian prestasi belajar yaitu pada indikator 1) meningkat dan 2) meningkat (meningkat akan tetapi masih dibawah SKM). Pada indikator ketercapian prestasi belajar 3) tetap dan 4) menurun terjadi penurunan jumlah siswa yang sangat banyak dari siklus 1 ke siklus 2 ini dikarenakan siswa sudah bisa menyesuaikan dengan metode inkuri yang diterapkan dalam proses belajar mengajar di kelas. Hasil evaluasi aspek afektif yang dilihat dari indikator minat sikap dan konsep diri siswa pada siklus 1 dibandingkan dengan siklus 2 mengindikasikan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar ekonomi siswa yang terlihat dari peningkatan skor total dan skor rata-rata pada setiap indikator aspek afektif dari siklus 1 ke siklus 2. Untuk hasil evaluasi pada aspek psikomotorik yang dinilai dari inisiatif siswa dan keaktifan siswa peningkatan prestasi belajar ekonomi siswa terlihat dari peningkatan total presentase dari siklus 1 ke siklus 2 terhadap indikator psikomotorik yang dinilai. Dari hasil evaluasi pada aspek a) kognitif b) afektif c) psikomotirik di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar ekonomi siswa setelah diterapkannya metode inkuiri pada PBM di kelas. Sedangkan dari data yang diperoleh untuk motivasi belajar siswa yang diukur melalui aspek a) ketekunan b) keuletan dan c) minat terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dibandingkan siklus 1 dengan siklus 2. Indikasi peningkatan motivasi belajar siswa terlihat dari meningkatnya jumlah rata-rata jawaban siswa yang sangat setuju (SS) dan setuju (S) terhadap pertanyaan-pertanyaan pada angket yang mewakili aspek-aspek motivasi yang diukur. Selanjutnya peningkatan motivasi belajar siswa juga terlihat dari menurunnya jumlah rata-rata jawaban siswa yang kurang setuju (KS) dan tidak setuju (TS) terhadap pertanyaan-pertanyaan yang mewakili aspek yang diukur untuk motivasi belajar siswa pada angket yang disebarkan kepada siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru SMA Islam dan guru bidang studi ekonomi untuk dapat menggunakan model pembelajaran konktekstual berbasis inkuiri dalam pelaksanaan tindakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Sehigga nantinya dari penggunaan model pembelajaran konsteskstual berbasis inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi dan motivasi belajar siswa. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38660

Actions (login required)

View Item View Item