Penerapan model pembelajaran kooperatif metode numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Talun-Blitar / Ghulam Safi'i - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif metode numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Talun-Blitar / Ghulam Safi'i

Safi'i, Ghulam (2009) Penerapan model pembelajaran kooperatif metode numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Talun-Blitar / Ghulam Safi'i. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Safi i Ghulam 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Talun-Blitar. Skripsi Jurusan Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos M.Si (II) Dr. Hadi Sumarsono ST M.Si. Kata Kunci Numbered Heads Together aktivitas siswa hasil belajar Fenomena praktik kegiatan pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Talun-Blitar masih didominasi oleh metode konvensional yaitu menggunakan ceramah dan latihan soal sehingga siswa mengalami kejenuhan dan mengantuk di kelas kurang memberi kesempatan pada siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Hal ini juga menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM) secara keseluruhan. Salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran kooperatif. Dengan pembelajaran kooperatif siswa dapat bekerja sama antar anggota kelompok saling menyumbangkan pikiran dan adanya sikap tanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara individu maupun kelompok. Pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran metode Numbered Heads Together. Metode pembelajaran ini melibatkan para siswa dalam mereview bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek atau memeriksa pemahaman mereka tentang isi pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Talun pada semester gasal tahun pelajaran 2008/2009 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Talun dan dilaksanakan pada 20 November 2008 sampai dengan 11 Desember 2008. Analisis data yang digunakan dengan model alir yang meliputi tahap mereduksi data menyajikan data verifikasi data atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar guru memberikan motivasi selama kegiatan pembelajaran pada siswa dalam hal ini belajar secara kooperatif dengan mendorong siswa untuk saling bekerjasama secara efektif selain itu memberikan motivasi untuk meningkatkan hasil belajar baik tidak hanya dari nilai evaluasi tetapi juga sikap siswa selama pembelajaran. Persentase skor rata rata aktivitas belajar dari empat elemen kooperatif (saling ketergantungan positif interaksi tatap muka akuntabilitas individual/ tanggung jawab individu dan keterampilan menjalin hubungan antar pribadi) yang diamati pada siklus I sebesar 74 44 00% meningkat pada siklus II menjadi 91 38%. Untuk hasil belajar siswa persentase rata rata nilai hasil belajar aspek kognitif siswa meningkat dari 72 36% pada siklus I menjadi 80 39% pada siklus II. Sedangkan persentase rata- rata hasil belajar aspek afektif siswa meningkat dari 67 00% pada siklus I menjadi 78 05% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koopratif metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Talun. Penerapan pembelajaran ini disarankan sebaiknya disesuaikan dengan materi dan lingkungan belajar serta ketersediaan waktu yang cukup. Hal ini dikarenakan dengan waktu yang optimal pelaksanakan pembelajaran yang dilakukan akan mendapatkan hasil yang efektif dan efisien. Bagi guru mata pelajaran ekonomi disarankan untuk memberikan perhatian dan bimbingan kepada siswa yang mempunyai hasil belajar dibawah SKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38657

Actions (login required)

View Item View Item