Pengaruh komunikasi dan interaksi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 1 Malang / Dharma Prima Mahendra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh komunikasi dan interaksi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 1 Malang / Dharma Prima Mahendra

Mahendra, Dharma Prima (2009) Pengaruh komunikasi dan interaksi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 1 Malang / Dharma Prima Mahendra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahendra Dharma Prima. 2007. Pengaruh Interaksi Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di MAN 1 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Ekonomi dan Koperasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (II) Nasikh SE. MP. M.Pd. Kata Kunci Komunikasi Interaksi Prestasi Belajar Ekonomi. Interaksi yang efektif sangat diperlukan dalam usaha peningkatan kemampuan seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Hubungan yang komunikatif dapat terjadi karena kemampuan untuk memahami apa dan bagaimana persepsi seorang siswa terhadap seorang guru. Kegagalan berinteraksi sering disebabkan oleh kesulitan untuk mengerti dan memahami apa yang ada diantara guru dan siswa saat melakukan interaksi maupun komunikasi. Ada banyak hal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dan ada diantaranya adalah interaksi. Dilihat dari pengamatan sementara komunikasi siswa pada saat kegiatan proses belajar berlangsung kurangnya kepercayaan diri kurangnya motivasi belajar dari dalam diri siswa. Sedangkan interaksi yang ada di MAN 1 Malang meliputi metode mengajar penyampaian materi respon siswa efisiensi waktu. Dengan demikian diharapkan komunikasi dan interaksi harus saling mendukung serta dapat meningkatkan komunikasi dan interaksi siswa demi tercapainya prestasi belajar ekonomi yang maksimal. Penelitian bertujuan (1) untuk memberikan gambaran mengenai kondisi komuniokasi interaksi prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di MAN 1 Malang (2) untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan interaksi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di MAN 1 Malang. Variabel bebas penelitian ini terdiri dari komunikasi (X1) dan interaksi(X2). Sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar ekonomi (Y). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan kondisi komunikasi (X1) kondisi interaksi (X2) dan prestasi belajar ekonomi siswa (Y) dalam bentuk perhitungan persentase. Metode regresi linier berganda digunakan untuk menentukan besarnya pengaruh komunikasi (X1) dan interaksi (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) di MAN 1 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di MAN 1 Malang yang berjumlah 120 siswa dan sampelnya berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan menggunakan instrumen kuesioner. Uji kualitas data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Jenis data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner sedangkan data sekunder berupa nilai rapor siswa kelas XI IPS semester ganjil tahun ajaran 2006/2007. Hasil penelitian di MAN 1 Malang menunjukkan bahwa analisis pengaruh komunikasi terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh nilai t hitung 3 042 dan t tabel 2 052. Nilai t hitung (3 042) t tabel (2 052) dengan sig 0 000 0 05 maka komunikasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Nilai t hitung 4 106 dan t tabel 2 052. Nilai t hitung (4 106) t tabel (2 052) dengan sig 0 000 0 05 maka interaksi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Analisis pengaruh komunikasi dan interaksi terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh nilai Fhitung 19 515 dan Ftabel 3 354. Nilai Fhitung (19 515) Ftabel (3 354) dengan sig 0 000 0 05 maka komunikasi dan interaksi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Besar R Square adalah 0 591. Hal ini berarti prestasi belajar ekonomi (Y) dapat dipengaruhi oleh faktor internal (X1) dan Eksternal (X2) sebesar 59 1% sedangkan sisanya 40 9% disebabkan oleh faktor lain. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi siswa dan interaksi siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di MAN 1 Malang. Saran penelitian yang selanjutnya diharapkan meneliti faktor internal dan eksternal IQ kurikulum dan lain lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38656

Actions (login required)

View Item View Item