Pengaruh keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 20 Malang / Nur Isnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 20 Malang / Nur Isnaini

Isnaini, Nur (2009) Pengaruh keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 20 Malang / Nur Isnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan kemampuan keterampilan dan kepribadian di dalam maupun luar sekolah. Dalam suatu masyarakat kecil atau besar pasti di dalamnya berlangsung suatu proses pendidikan. Karena itu pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia. Wujud dari pendidikan yaitu pendidikan formal dan pendidikan informal. Pendidikan formal biasa disebut dengan sekolah. Sedangkan pendidikan informal adalah pendidikan yang di dapat oleh seorang individu dari lingkungan sekitarnya dalam suatu yang tidak formal.Berbagai kegiatan dilakukan dalam pendidikan formal yang bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional diantaranya kegiatan intrakurikuler yaitu proses belajar mengajar dan segala kegiatan yang berhubungan dengan akademik. Kegiatan lain yang juga penting dilaksanakan adalah kegiatan ekstrakurikuler. Untuk dapat mengembangkan aspek-aspek kepribadian yang dimiliki serta untuk dapat menyalurkan bakat dan minat siswa serta dapat memperluas pengetahuan siswa siswa tersebut dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sebab kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan diharapkan dapat menjadi dapat menjadi sarana penunjang perkembangan siswa. Dalam kegiatan proses belajar mengajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan dapat memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tercapai tujuan yang dikehendaki Dengan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar dapat dilihat perubahan prestasi yang akan diraih oleh siswa-siswi di sekolah. Prestasi belajar dapat diartikan sebagai hasil yang diperoleh seorang siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu. Berdasarkan rumusan masalah yang ada maka dapat diketahui tujuan penelitian yaitu (1)Untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler SMP Negeri 20 Malang tahun ajaran 2008/2009 (2)Untuk mengetahui motivasi belajar siswa SMP Negeri 20 Malang tahun ajaran 2008/2009 (3)Untuk mengetahui prestasi belajar siswa SMP Negeri 20 Malang tahun ajaran 2008/2009 (4)Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 20 tahun ajaran 2008/2009. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menggambarkan tentang kondisi obyektif keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Sedangkan analisis statistik inferensial yaitu regresi linier berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh antara keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 20 Malang. Variabel bebas penelitian ini terdiri dari keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler (X1) dan motivasi belajar (X2). Sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar siswa (Y) Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII yang aktif mengikui kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 20 Malang yang berjumlah 438 siswa dan sampelnya sebesar 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakanProportional Random Sampling. Dari pengolahan data melalui uji hipotesis dapat diketahui bahwa pada variabel keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler (X1) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar terbukti t hitung (6 683) (1 995). Jika dilihat dari tingkat signifikansinya 0 000 dibawah 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pada variabel motivasi belajar secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar terbukti t hitung (10 606) (1 995). Jika dilihat dari tingkat signifikansinya 0 000 dibawah 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan secara simultan berdasarkan dari hasil uji Fdiketahui besaran probabilitas (Sig.) 0 000 0 05 dan Fhitung (79 557) Ftabel (3 130) menunjukkan bahwa kaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswaSMP Negeri 20 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38655

Actions (login required)

View Item View Item