Aulia, Xaphyra Aura Shava (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis google site dengan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan minat belajar komunikasi data dan jaringan komputer / Xaphyra Aura Shava Aulia</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Informatika 2019 yang telah menempuh mata kuliah komunikasi data dan jaringan komputer dan wawancara kepada dosen pengampu mata kuliah tersebut di Universitas Negeri Malang dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mengalami kendala dalam memahami materi pembelajaran yaitu IP (Internet Protocol) subnetting dan supernetting routing statis routing dinamis terbatasnya media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan media pembelajaran yang digunakan kurang menunjang pembelajaran praktikum. Kemudian dilakukan penyebaran angket minat belajar yang dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memiliki minat belajar yang rendah pada mata kuliah komunikasi data dan jaringan komputer. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis Google Sites dengan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan minat belajar komunikasi data dan jaringan komputer menguji tingkat kelayakan media pembelajaran dan mengetahui tingkat minat belajar mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian R amp D dengan model pengembangan 5D yang memiliki 5 tahapan yaitu define data design develop dan disseminate. Jenis data yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif dengan subjek penelitian Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika 2019 yang telah menempuh mata kuliah komunikasi data dan jaringan komputer di Universitas Negeri Malang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen kelayakan media dan minat belajar dengan teknik analisis uji validitas dan reliabilitas instrumen kelayakan media dan minat belajar. Hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa (1) uji validitas dan reliabilitas instrumen sebanyak 30 item pertanyaan memiliki nilai r hitung gt dari r tabel yang dapat dinyatakan valid dan memperoleh nilai reliabilitas 0.948 dengan kategori instrumen reliable atau sangat kuat (2) ahli media secara memperoleh total skor 86% dengan kriteria penilaian sangat valid (3) ahli materi memperoleh total skor 96% dengan kriteria penilaian sangat valid (4) uji coba terbatas memperoleh total skor 88% dengan kriteria penilaian sangat valid (5) uji coba lapangan memperoleh total skor 86% dengan kriteria penilaian sangat layak dan (6) minat belajar memperoleh total skor 85% dengan kategori penilaian sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites dengan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan minat belajar komunikasi data dan jaringan komputer layak digunakan oleh mahasiswa untuk menunjang proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/386544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |