Afifah, Ainis Sofia (2024) Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe student created case studies untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x mapel dasar deskomvis di smk negeri 5 malang / Ainis Sofia Afifah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keberhasilan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa bergantung pada penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi dan efektivitas penerapan strategi pembelajaran aktif tipe student created case studies untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Desain metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan DKV SMKN 5 Malang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 105 peserta didik. Sampel penelitian ini kelas kontrol kelompok kelas X DKV 1 sebanyak 27 peserta didik dan sampel kelompok kelas eksperimen yaitu kelas X DKV 2 sebanyak 28 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian soal pre-test dan post-test. Analisis data dengan menggunakan analisis data deskriptif uji normalitas uji paired sample t-test dan uji independent t-test menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran aktif tipe student created case studies dan siswa yang diberikan perlakuan dengan metode ceramah terbukti dari nilai signifikasi pada saat uji independent t-test sebesar 0 043 lt 0 005. Strategi pembelajaran aktif tipe student created case studies terbukti lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/386543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |