Penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang / Tantra Nugraha Purnama

Purnama, Tantra Nugraha (2009) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang / Tantra Nugraha Purnama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar. Pembelajaran berbasis masalah memiliki tujuan membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir, memecahkan masalah dan ketrampilan intelektual, sehingga siswa tidak hanya menerima materi pelajaran di dalam kelas namun juga dapat menerapkannya di dunia nyata. Dengan memiliki kemampuan dan ketrampilan tersebut diharapkan dapat mendorong anak didik untuk tegas dalam menghadapi masalah belajar. Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan ketrampilan memecahkan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Malang semester gasal 2008/2009 pada sub pokok bahasan kelangkaan sumber daya ekonomi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 31 Juli ÔÇô 7 Agustus 2008 dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar obsevasi kegiatan guru, lembar tes dan angket tanggapan siswa setelah dilaksanakan pembelajaran berbasis masalah. Analisis hasil penelitian dideskripsikan dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketercapaian guru dalam menerapkan tahapan-tahapan pembelajaran berbasis masalah dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 20%. Ketrampilan memecahkan masalah siswa berdasarkan lembar tes yang diberikan, rata-rata ketrampilan memecahkan masalah siswa mengalami peningkatan yaitu sebesar 7,82%. Berdasarkan hasil analisis data angket dapat diketahui bahwa persentase sebesar 50% siswa mengatakan setuju terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan kelangkaan sumber daya ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian keseluruhan, maka dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan ketrampilan memecahkan masalah siswa, dikarenakan siswa sudah mampu merumuskan masalah dan mampu mencari solusi pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti berikutnya untuk diterapkan pada sekolah lain dan dengan materi yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis masalah. (2) Pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah hendaknya mempertimbangkan kesesuaian antara materi yang dibahas dengan siswa dan kondisi lingkungannya. (3) Pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah hendaknya dibuat lebih variatif lagi, misalnya dengan mengajak siswa terjun langsung ke lapangan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38652

Actions (login required)

View Item View Item