Hubungan kompetensi dan motivasi kerja dengan kinerja tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri se-Kabupaten Trenggalek / Rossa Valentina - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kompetensi dan motivasi kerja dengan kinerja tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri se-Kabupaten Trenggalek / Rossa Valentina

Valentina, Rossa (2017) Hubungan kompetensi dan motivasi kerja dengan kinerja tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri se-Kabupaten Trenggalek / Rossa Valentina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Valentina Rossa. 2017. Hubungan Kompetensi dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Se-Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd (II) Desi Eri Kusumaningrum S.Pd M.Pd. Kata Kunci kompetensi TAS motivasi kerja dan kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) merupakan bagian dari tenaga kependidikan yang menangani bidang administrasi. Tenaga administrasi sekolah mempunyai peran yang sangat penting di dalam sebuah lembaga pendidikan. TASmerupakan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan dukungan layanan administrasi guna terselenggaranya proses pendidikan di sekolah. Peningkatan kinerja dapat dilakukan dengan cara mendukung pegawai agar memiliki kompetensi kerja yang tinggi. Rendahnya kompetensi yang dimiliki oleh pegawai dapat mengakibatkan kinerja mereka menurun. Usaha dalam meningkatkan kompetensi dan motivasi kerja akan menghasilkan kerja TAS yang tinggi sehingga dengan mudah dapat meningkatkan kinerja TAS.Selain kompetensi yang harus dimiliki oleh pegawai adalah motivasi kerja. Pemberian motivasi merupakan faktor yang menentukan dalam usaha meningkatkan kinerja pegawai. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi TAS tingkat motivasi kerja tingkat kinerja TAS mengetahui hubungan antara kompetensi dan kinerja TAS mengetahui hubungan antara motivasi kerja dan kinerja TAS dan mengetahui hubungan kompetensi dan motivasi kerja dengan kinerja TAS di SMAN se-Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 111 orang TAS dari populasi 153 orang TAS di SMAN se-Kabupaten Trenggalek. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu berupa angket. Data dianalisis dengan teknik korelasi product momen pearson serta korelasi ganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) 21 00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kompetensi TAS dalam kategori tinggi (2) tingkat motivasi kerja TAS dalam kategori tinggi (3) kinerja TAS dalam kategori tinggi (4) terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi dan kinerja tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri se-Kabupaten Trenggalek (5) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dan kinerja tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri se-Kabupaten Trenggalek dan (6) secara simultan terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri se-Kabupaten Trenggalek. Saran penelitian ini adalah (1) Kepala sekolah diharapkan memperhatikan perkembangan kompetensi dan meningkatkannya dalam memberikan layananii administrasi sekolah kepada siswa dan anggota lainnya (2) TAS diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kompetensi yang dimilikinya meliputi kompetensi kepribadian kompetensi sosial kompetensi teknik serta kompetensi manajerial kepala TAS (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan disarankan hasil penelitian dapat dijadikan sebagai bahan untuk memperkaya kajian untuk matakuliah manajemen sumber daya manusia khususnya tentang hubungan antara kompetensi dan motivasi kerja dengan kinerja kerja tenaga administrasi sekolah (4) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan belajar mahasiswa administrasi pendidikan pada matakuliah manajemen sumber daya manusia dan (5) Peneliti lain disarankan apabila ingin melakukan penelitian yang sejenis dengan fokus pada variabel lain yang berkaitan dengan kinerja TAS. Sehingga diperoleh hasil penelitian yang lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3865

Actions (login required)

View Item View Item