Afifa, Qonita (2025) Studi implementasi project based learning pada mata pelajaran informatika siswa kelas x di SMK PGRI 3 Malang / Qonita Afifa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Project Based Learning (PjBL) adalah metode pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis menyelesaikan masalah dan bekerja secara kolaboratif melalui pengerjaan proyek nyata. Metode ini telah diterapkan pada mata pelajaran Informatika di kelas X SMK PGRI 3 Malang sebagai bagian dari upaya mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif khususnya di bidang broadcasting dan perfilman. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi PjBL di SMK PGRI 3 Malang (2) mendeskripsikan karakteristik pembelajaran Informatika di kelas X SMK PGRI 3 Malang dan (3) menganalisis proses serta hasil belajar siswa setelah penerapan PjBL. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PjBL dilakukan melalui enam tahap penentuan masalah perencanaan proyek penyusunan jadwal pelaksanaan proyek presentasi hasil dan refleksi. Proyek-proyek yang diberikan menggunakan aplikasi Microsoft Word Excel dan PowerPoint untuk memberikan pengalaman praktis yang relevan dengan kebutuhan industri. Penerapan PjBL memberikan hasil belajar siswa yang signifikan dalam tiga aspek utama (1) Kognitif Siswa menunjukkan pemahaman mendalam terhadap materi yang diajarkan dengan rata-rata nilai mencapai 85 dan 90% siswa melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). (2) Afektif Sebanyak 86% siswa menunjukkan motivasi tinggi antusiasme dan sikap positif terhadap pembelajaran berbasis proyek. (3) Psikomotorik Nilai rata-rata keterampilan teknis siswa mencapai 86 3 dengan penguasaan aplikasi digital yang sangat baik. Selain itu analisis SWOT yang dilakukan mengidentifikasi beberapa kekuatan implementasi PjBL seperti peningkatan keterlibatan siswa dalam pembelajaran relevansi proyek dengan dunia kerja dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah nyata. Namun tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu untuk menyelesaikan proyek dan kebutuhan pelatihan lebih lanjut bagi guru dalam fasilitasi PjBL.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/386484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |