Kualitas program pembelajaran guru mata pelajaran ekonomi SMA yang telah lulus sertifikasi se-Kabupaten Gresik / Nofi Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kualitas program pembelajaran guru mata pelajaran ekonomi SMA yang telah lulus sertifikasi se-Kabupaten Gresik / Nofi Rosyidah

Rosyidah, Nofi (2009) Kualitas program pembelajaran guru mata pelajaran ekonomi SMA yang telah lulus sertifikasi se-Kabupaten Gresik / Nofi Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidah Novi. 2009. Kualitas Program Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Yang Telah Lulus Sertifikasi se-Kabupaten Gresik Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd. Kata kunci Kualitas Program Pembelajaran Sertifikasi Upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia belum menemukan hasil yang menggembirakan. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan tetapi yang paling besar mempengaruhinya adalah kondisi guru. Guru memiliki peranan yang cukup penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan sangat membutuhkan guru yang berkompetensi dalam bidangnya. Misi pendidikan akan berhasil apabila dilaksanakan oleh guru yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas guru mata pelajaran ekonomi SMA yang telah lulus sertifikasi se-Kabupaten Gresik dalam (1) penyusunan RPP (2) pelaksanaan pembelajaran di kelas dan (3) evaluasi hasil pembelajaran Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi SMA yang telah lulus program sertifikasi se-Kabupaten Gresik yang meliputi lima guru mata pelajaran ekonomi dari Sekolah Menengah Atas Negeri dan empat guru mata pelajaran ekonomi dari Sekolah Menengah Atas swasta. Penelitian ini menggunakan instrumen pedoman observasi wawancara dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dengan tabel persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil observasi penyusunan Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) yang dilakukan pada 9 orang guru mata pelajaran ekonomi SMA yang telah lulus program sertifikasi diperoleh hasil bahwa sebanyak 2 orang guru atau sekitar 22 2 persen dinyatakan memiliki tingkat kualitas sangat tinggi 6 orang guru atau sekitar 66 7 persen memiliki tingkat kualitas tinggi dan 1 orang guru atau sekitar 11 1 persen memiliki tingkat kualitas yang cukup. Jadi kualitas guru ekonomi yang telah lulus sertifikasi dalam penyusunan RPP mempunyai kualitas yang tinggi (2) Dari hasil observasi dalam Pelakasanaan Pembelajaran yang dilakukan pada 9 orang guru mata pelajaran ekonomi SMA yang telah lulus program sertifikasi diperoleh hasil bahwa sebanyak 9 orang guru yaitu 2 orang guru atau sekitar 22 2 persen memiliki tingkat kualitas tinggi dan 7 orang guru atau sekitar 77 8 persen memiliki tingkat kualitas cukup. Jadi guru ekonomi SMA yang telah lulus program sertifikasi se-Kabupaten Gresik merupakan guru yang berkualitas dalam melaksanakan pembelajaran dikelas dan (3) Dari hasil wawancara pada evaluasi hasil pembelajaran yang dilakukan pada 9 orang guru mata pelajaran ekonomi SMA yang telah lulus program sertifikasi diperoleh hasil bahwa sebanyak 7 orang guru atau sekitar 77 8 persen memiliki tingkat kualitas tinggi dan 2 orang guru atau sekitar 22 2persen memiliki tingkat kualitas cukup. Jadi dapat disimpulkan bahwa guru ekonomi SMA yang telah lulus program sertifikasi se-Kabupaten Gresik merupakan guru yang berkualitas dalam evaluasi hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38648

Actions (login required)

View Item View Item