Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 5 Malang pada mata pelajaran ekonomi / Shara Pawesti

Pawesti, Shara (2009) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 5 Malang pada mata pelajaran ekonomi / Shara Pawesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pawesti, Shara. 2008. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 5 Malang pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hari Wahyono, M.Pd., (II) Dwi Wulandari, S.E, M.M. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, model Think-Pair-Share, Prestasi belajar. Proses belajar mengajar di sekolah dulu hanya menggunakan metode konservatif yang sangat tergantung dengan kemampuan guru untuk menyampaikan materi atau disebut dengan teacher oriented. Dunia pendidikan merupakan jalur yang tepat untuk membentuk dan membekali SDM agar mampu berpikir logis, kreatif, dan adaptif terhadap perubahan yang terjadi perlu ditingkatkan mutu dan kualitasnya baik secara konvensional maupun inovatif untuk menjawab tantangan pesatnya kemajuan teknologi dan informasi. Agar siap memasuki era informasi, siswa perlu diajarkan bagaimana caranya untuk mendapatkan informasi sendiri, apakah berasal dari guru, teman, bahan-bahan pelajaran ataupun sumber-sumber lain. Dari permasalahan tersebut, peneliti mencari solusi dengan mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif (cooperative learning), di dalamnya terdapat berbagai metode pembelajaran yang dapat diterapkan guru. Alasan penerapan metode pembelajaran kooperatif karena guru tidak lagi sebagai satu-satunya sumber pembelajaran (teacher oriented), tetapi justru siswa dituntut untuk dapat menemukan dan memahami konsep-konsep baru (student oriented). Dengan kata lain, penerapan metode pembelajaran kooperatif dapat digunakan sebagai solusi untuk mengakhiri dominasi pembelajaran guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada perbedaan dari metode pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 5 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 5 Malang tahun pelajaran 2008/2009 dengan jumlah 316 siswa yang terbagi ke dalam 9 kelas. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimental dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang ditetapkan terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X4 sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh langsung dari subyek penelitian dengan cara memberikan tes kemampuan awal dan akhir dalam pembelajaran ekonomi pada sub pokok bahasan permintaan, penawaran dan harga keseimbangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara metode pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan metode pembelajaran konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 5 Malang. Hal itu ditunjukkan dengan adanya perbedaan antara prestasi belajar yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan prestasi belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional, terbukti dari hasil uji-t yang menunjukkan Thitung 4,287 > Ttabel 1,99. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMAN 5 Malang siswa cenderung lebih pasif hal ini karena pada metode pembelajaran ini guru yang lebih aktif dalam memberikan materi kepada siswa. Sedangkan pelaksanaan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran hal ini karena pada saat akhir pembahasan sub pokok bahasan kelompok yang paling aktif akan mendapatkan tambahan poin. Selain itu pembelajaran kooperatif TPS juga dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan pada nilai rata-rata kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan pembelajaran TPS lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38647

Actions (login required)

View Item View Item