Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-4 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang / Dwi Lindasari Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-4 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang / Dwi Lindasari Saputri

Saputri, Dwi Lindasari (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-4 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang / Dwi Lindasari Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputri Dwi Lindasari. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos M.Si (II) Imam Mukhlis S.E M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) motivasi belajar hasil belajar. Dewasa ini pendidikan telah mengalami perkembangan yang semakin pesat serta informasi dan komunikasi juga berkembang setiap saat. Hal tersebut mengakibatkan adanya persaingan yang sangat ketat dalam dunia pendidikan maka untuk menghadapinya diperlukan kualitas pendidikan yang bermutu dan semakin meningkat. Oleh karena itu perlu diadakan pembaharuan dalam hal pendidikan. Guna mendukung pembaharuan dalam hal pendidikan tersebut pihak sekolah khususnya guru yang secara langsung mengajar siswa perlu mengadakan kerjasama dan perhatian yang lebih dari pemerintah. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia salah satunya adalah penyempurnaan kurikulum yang lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam pengembangan kompetensi yang dimiliki oleh siswa kurikulum yang dimaksud adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP 2006). Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara langsung di kelas seperti diskusi kelompok dan diskusi kelas serta memiliki tanggung jawab yang lebih terhadap belajarnya seiring dengan peningkatan pengalaman dan pengetahuan mereka. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS). Tujuan pembelajaran tersebut adalah membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir ketrampilan intelektual dan kemampuan bekerjasama baik dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas. Selain itu dengan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) diharapkan akan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Bagaimanakah motivasi belajar siswa kelas X-4 SMA Negeri 5 Malang setelah penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan perilaku konsumen dan perilaku produsen (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas X-4 SMA Negeri 5 Malang setelah penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan perilaku konsumen dan perilaku produsen Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 38 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui motivasi belajar siswa serta tes dalam bentuk tes tulis (post test) berupa tes subjektif (uraian terbatas) untuk menilai hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dapat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang pokok bahasan perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi. Motivasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II yang diperoleh dengan observasi meningkat 11% (83% pada siklus I meningkat menjadi 94% pada siklus II). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I siswa yang tuntas dalam belajar sebanyak 31 orang (82%) dan yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 7 orang (18%) serta pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajar adalah seluruh siswa yaitu 38 orang (100%). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru mata pelajaran ekonomi dapat menggunakan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan manfaat dan nilai suatu barang dan perilaku konsumen dan produsen untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan dan lingkungan belajar siswa serta ketersediaan waktu yang cukup dan bagi masing-masing satuan pendidikan dan guru ekonomi khususnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dalam melaksanakan proses pembelajaran agar mendapatkan hasil yang maksimal dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38646

Actions (login required)

View Item View Item