Implementasi pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams-Achievement Division) untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X-6 SMA Negeri II Blitar / Fiko Yuantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams-Achievement Division) untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X-6 SMA Negeri II Blitar / Fiko Yuantoro

Yuantoro, Fiko (2009) Implementasi pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams-Achievement Division) untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X-6 SMA Negeri II Blitar / Fiko Yuantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuantoro Fiko. 2008. Implementasi Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Teams-Achievement Division) untuk Meningkatkan Aktivitas Kooperatif dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-6 SMAN II Blitar.Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si (II) Drs. Yohanes Hadi Susilo M.Div M.E Kata Kunci Pembelajaran kooperatif model STAD prestasi belajar Berdasarkan hasil observasi dan diskusi dengan siswa dan guru bidang studi Ekonomi kelas X-6 SMAN 2 Blitar pada bulan Oktober-November diketahui bahwa keadaan pembelajaran yang dilakukan cenderung menoton guru sering menggunakan metode ceramah atau merangkum. Selain itu siswa cenderung pasif dalam belajar. Kemampuan akademik siswa tergolong rendah dari 33 siswa yang ada hanya 15 52% yang tuntas belajar. Hal ini menunjukkan masih banyak siswa yang masih belum mencapai SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) yang ditentukan oleh sekolah. Selain itu guru jarang menerapkan pembelajaran kooperatif dalam pengajaran di kelas masih cenderung menggunakan metode ceramah. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas lima tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi tindakan. Penelitian ini dilakukan pada kelas X-6 SMAN 2 Blitar yang dilaksanakan pada tanggal 11 November 2008 sampai 18 November 2008. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru lembar aktivitas siswa soal tes dan catatan lapangan. Penelitian ini menerapkan pembelajaran STAD yang tahapan pembelajarannya 1) Penyajian kelas 2) Belajar kelompok 3) Tes atau kuis 4) Skor peningkatan individu dan 5) Penghargaan kelompok. Pada pembelajaran ini siswa diorganisasikan dalam bentuk kelompok kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa 79 37% (B) sedangkan pada siklus II 89 52% (A). Penerapan pembelajaran STAD juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Skor awal rata-rata siswa sebesar 70 skor rata-rata siklus I sebesar 76 18 dan skor rata-rata siklus II 84 24. peningkatan prestasi ini juga dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang mencapai SKBM. Pada data awal siswa yang mencapai SKBM sebesar 15 52% pada siklus I sebesar 73% dan siklus II sebesar 93 94%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38644

Actions (login required)

View Item View Item