Penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual teknik mencatat peta pikiran (Mind Mapping) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Studi pada kelas VIII-I SMP Negeri 10 Malang / Muklis Sanusi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual teknik mencatat peta pikiran (Mind Mapping) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Studi pada kelas VIII-I SMP Negeri 10 Malang / Muklis Sanusi

Sanusi, Muklis (2009) Penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual teknik mencatat peta pikiran (Mind Mapping) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Studi pada kelas VIII-I SMP Negeri 10 Malang / Muklis Sanusi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode ceramah yang dilengkapi dengan kegiatan tanya jawab merupakan metode pembelajaran yang masih digunakan oleh guru di SMP Negeri 10 Malang. Siswa masih sering melakukan aktivitas mendengarkan dan mencatat biasa selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual teknik mencatat peta pikiran (Mind Mapping) kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-i yang berjumlah 41 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 November sampai dengan 5 Desember 2008. Sedangkan lokasi penelitian ini adalah di SMP Negeri 10 Malang tepatnya di Jl. Mayjen Sungkono No. 57 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (action research). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi dokumen soal tes lembar observasi format penilaian pedoman wawancara lembar catatan lapangan serta angket respon siswa pada mata pelajaran ekonomi setelah diterapkan model pembelajaran dengan teknik mencatat peta pikiran (Mind Mapping). Untuk mengetahui ketepatan guru dalam menerapkan metode pembelajaran model Mind Mapping dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa maka dilakukan observasi (pengamatan) dengan menggunakan instrumen lembar observasi. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ditinjau dari aspek kognitif maka dilakukan perhitungan selisih persentase ketuntasan belajar secara keseluruhan berdasarkan nilai pre-test dan post-test kedua siklus. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil menggambar peta pikiran siswa dihitung dari selisih nilai rata-rata hasil menggambar siswa pada siklus 1 dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas VIII-i SMP Negeri 10 Malang pada mata pelajaran ekonomi. Peningkatan persentase keberhasilan tindakan pada kemampuan berpikir pada siklus 1 ke siklus 2 ditinjau dari aspek fluency sebesar 18 79% aspek flexibility sebesar 11 59% aspek originality sebesar 16 40% aspek elaboration sebesar 5 57% dan aspek evaluation sebesar 20 13%. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar secara keseluruhan (klasikal) pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 5 25% untuk aspek kognitif dan pada penilaian untuk menggambar peta pikiran siswa sebesar 16 89%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan teknik mencatat peta pikiran mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 10 Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada peneliti selanjutnya agar mengkombinasikan Teknik Peta Pikiran ini kedalam metode-metode pembelajaran yang berbasis kontekstual seperti kooperatif learning sehingga perencanaan pembelajaran dapat disusun dengan lebih matang dan proses pembelajarannya berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38640

Actions (login required)

View Item View Item