Penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournament (TGT) pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bululawang-Malang / Yudha mahardika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournament (TGT) pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bululawang-Malang / Yudha mahardika

Mahardika, Yudha (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournament (TGT) pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bululawang-Malang / Yudha mahardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan berjalannya waktu dan proses perubahan yang cepat dalam lingkungan pendidikan maka hal tersebut juga berdampak pada perubahan kurikulum pendidikan saat ini yaitu dengan diterapkannya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada sekolah-sekolah sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yang cenderung teacher-oriented dari pada student-oriented dalam proses belajar mengajar. Untuk mengetahui tuntutan dan target dari kurikulum baru yang diterapkan pada tahun ajaran 2006 maka diperlukan strategi atau model pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya meningkatkan pola pikir peserta didik serta potensi siswa agar berhasil dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang diharapkan upaya atau usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara memperhatikan siswa menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat dengan adanya penggunaan metode yang tepat proses belajar mengajar dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran selain itu baik murid maupun guru harus memiliki sikap kemampuan dan keterampilan yang mendukung proses belajar mengajar.Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar ekonomi siswa setelah diterapkan Model pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas X-B SMA Negeri 1 Bululawang.(2) Untuk mendiskripsikan dan menganalisis hasil belajar ekonomi siswa kelas X-B setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus tindakan yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-B SMA N 1 Bululawang semester 1 tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 40 yang terdiri dari siswa laki-laki 18 dan siswa perempuan 22 siswa. Dalam penelitian teknik pengumpulan data meliputi observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran model Teams Games Tournament (TGT) pemberian tes dan pengisian angket tentang kesan siswa terhadap pembelajaran model Teams Games Tournament (TGT) yang diberikan di akhir siklus I analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dengan rata-rata 56 5% dengan taraf keberhasilan Cukup sedangkan pada siklus II dengan rata-rata 79 49% dengan taraf keberhasilan Baik sedangkan peningkatan hasil pembelajaran siswa dapat dilihat dari peningkatan rata-rata kelas pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata meningkat dari 49 875 menjadi 67 375 dan prosentasi siswa yang tuntas belajar meningkat dr 0% menjadi 42 5%. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat dari 54 75 menjadi 75 dengan prosentase siswa yang tuntas belajar meningkat dari 7 5% menjadi 87 5%. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) yaitu (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas X-B SMA Negeri 1 Bulilawang Kab. Malang dapat meningkatkan aktivitas belajar ekonomi siswa. (2) Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan ketunyasan dan hasil belajar ekonomi kelas X-B. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Bululawang Kab. Malang disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournamen (TGT) pada materi permintaan penawaran dan harga keseimbangan dikarenakan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT). (2) Sebelum pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) sebaiknya guru mempersiapkan perangkatnya terlebih dulu. Sehingga dalam pelaksanaannya proses belajar mengajarnya dapat berjalan lancar dan efektif. (3) Peneliti lain hendaknya menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournamen (TGT) diklelas maupun di sekolah yang lain agar diperoleh hasil penelitian yang lebih representatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38636

Actions (login required)

View Item View Item