Evaluasi profesionalisme guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi guru di Probolinggo / Arista Prihandana Nur Khardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi profesionalisme guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi guru di Probolinggo / Arista Prihandana Nur Khardani

Khardani, Arista Prihandana Nur (2010) Evaluasi profesionalisme guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi guru di Probolinggo / Arista Prihandana Nur Khardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nur Khardani Arista Prihandana. 2008. Evaluasi Profesionalisme Guru Ekonomi Yang Telah Lulus Program Sertifikasi Guru Di Probolinggo . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto. M.Si (2) Drs. Sapir.S.Sos.M.Si. Kata kunci kompetensi profesionalisme guru kinerja guru Guru merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan sehingga mereka harus mendapatkan perhatian yang utama.Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik terutama dalam kaitannya dalam proses belajar mengajar. Perbaikan kualitas pendidikan harus berpangkal dari guru dan berujung pada guru pula. Berdasarkan Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Undang-Undang Guru dan Dosen (UUGD) serta Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dinyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan persyaratan memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau Diploma IV yang relevan dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran. Sebagai agen pembelajaran seorang guru harus memiliki kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi profesional dan kompetensi sosial yang dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Sertifikasi guru merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu guru sehingga pembelajaran di sekolah juga akan berkualitas. Peningkatan mutu dan peningkatan kesejahteraan guru diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan secara berkelanjutan melalui sebuah kinerja guru yang baik.Tujuan sertifikasi adalah untuk menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan meningkatkan martabat guru dan meningkatkan profesionalimse guru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi profesionalisme guru dan kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi guru di Probolinggo. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah atau wakil kepala sekolah dan siswa dari guru yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 37 orang. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket/kuesioner tertutup. Analisis data yang digunakan untuk menguji adalah dengan analisis distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kompetensi profesionalisme guru ekonomi SMP/SMA/SMK di Probolinggo yang dinyatakan lulus dalam Sertifikasi Guru adalah sangat baik. Hal ini terbukti dari hasil penyebaran angket dengan masing-masing sub kompetensi yaitu 83 8 % guru memiliki tingkat kompetensi kepribadian yang tinggi 83 8 % guru memiliki tingkat kompetensi sosial yang tinggi 75 7% guru memiliki tingkat kompetensi pedagogik yang tinggi serta 78 4% guru memiliki tingkat kompetensi profesional yang tinggi. Sedangkan untuk kinerja guru ekonomi SMP/SMA/SMK yang telah lulus program sertifikasi guru di Probolinggo adalah sangat baik hal ini terbukti dari hasil penyebaran angket dari masing-masing sub kinerja guru yaitu 91 9 % guru menyusun program pembelajaran 83 8 % guru melaksanakan pelaksanaan evaluasi 62 2 % guru melakukan analisis evaluasi 78 4 % guru melakukan pelaksanaan perbaikan dan pengayaan 56 8 % guru melakukan pelaksanaan pembelajaran dengan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepada para guru ekonomi SMP/SMA/SMK yang dinyatakan lulus dalam Sertifikasi Guru untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi dan kinerjanya dalam dunia kependidikan. Sehingga tujuan Sertifikasi guru untuk menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional dapat tercapai. Berbagai program untuk meningkatkan kompetensi dan kinerjanya hendaknya tidak berhenti begitu saja setelah sertifikat pendidik didapatkan melainkan tetap membekali diri dengan berbagai program peningkatan pendidikan seperti pelatihan dan seminar yang bermanfaat untuk menambah wawasan di dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38635

Actions (login required)

View Item View Item