Penerapan pakem (Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyeangkan) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi di kelas X MA Nurul Ulum Malang / Yulita Uldianingtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pakem (Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyeangkan) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi di kelas X MA Nurul Ulum Malang / Yulita Uldianingtyas

Uldianingtyas, Yulita (2009) Penerapan pakem (Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyeangkan) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi di kelas X MA Nurul Ulum Malang / Yulita Uldianingtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Uldianingtyas Yulita. 2008. Penerapan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyeangkan) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X MA Nurul Ulum Malang. Skripsi Program Studi Ekonomi Koperasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. J.G. Nirbito M.Pd. (II) Drs. H. Achmad Ali Wafa. Kata kunci PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) motivasi belajar hasil belajar. Guru memiliki peranan yang besar dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan memotivasi belajar siswa di sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang guru adalah memilih pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisipasi secara aktif sehingga dapat memahami materi yang dipelajari dan menguasai ketrampilan yang diperlukan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang tepat adalah PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan). PAKEM merupakan pmbelajaran yang melibatkan keaktifan seluruh siswa sehingga siswa lebih kreatif dan proses belajar mengajar dapat berlangsung efektif dan menyenangkan yang memberi kesempatan kepada siwa untuk aktif dan kreatif selama proses belajar mengajar dan saling bekerjasama dengan teman. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dalam 2 siklus yaitu pada bulan November 2008. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber langsung dari subyek penelitian yaitu siswa kelas X MA Nurul Ulum Malang sebanyak 26 siswa. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah permintaan penawaran dan harga keseimbangan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi wawancara tidak terstruktur tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa PAKEM meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini ditunjukkan dengan berdasarkan pemerolehan skor dan persentase dari 26 siswa kelas X yang mengisi angket motivasi belajar terdapat 23 siswa mengalami peningkatan 1 siswa mengalami penurunan dan 2 siswa tidak mengalami kenaikan maupun penurunan motivasi (stagnan). Kenaikan tertinggi yaitu sekitar 88% dan penurunan sekitar -3 2%. Sehingga dengan adanya peningkatan motivasi secara umum maka akan memberikan dorongan yang kuat kepada keseluruhan siswa yang melakukan kegiatan belajar dan ketika kegiatan belajar berjalan baik tujuan dari pembelajaranpun juga dapt tercapai dengan baik. Selain meningkatkan motivasi belajar siswa PAKEM juga meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa menjadikan pembelajaran efektif dan menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa meningkat pada siklus I dan siklus II yaitu nilai rata-rata hasil penelitian ranah kognitif siklus I sebesar 30 77% sedangkan siklus II menjadi 92 31%. Rata-rata hasil penilaian afektif pada siklus I sebesar 69 55% dan pada siklus II sebesar 91 35% sedangkan rata-rata hasil penilaian ranah psikomotorik pada siklus I sebesar 67 52% dan pada siklus II menjadi 84 61%. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan PAKEM dapat meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa menciptakan proses pembelajran yang efektif dan menyenangkan sehingga memotivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38634

Actions (login required)

View Item View Item