Pengaruh pemahaman ekonomi dan keterampilan sosial terhadap pola konsumsi siswa kelas XII IS di SMA Negeri 1 Purwasari / Kusrini Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemahaman ekonomi dan keterampilan sosial terhadap pola konsumsi siswa kelas XII IS di SMA Negeri 1 Purwasari / Kusrini Sari

Sari, Kusrini (2010) Pengaruh pemahaman ekonomi dan keterampilan sosial terhadap pola konsumsi siswa kelas XII IS di SMA Negeri 1 Purwasari / Kusrini Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Kusrini. Pengaruh Pemahaman Ekonomi Dan Keterampialn Sosial Terhadap Pola Konsumsi Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 1 Purwosari. Skripsi jurusan ekonomi Pembanguanan Fakultas Ekonomi Univesitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd (2) Dr. Prih hardinto M.Si Kata kunci pemahaman ekonomi keterampilan sosial dan pola konsumsi Pola konsumsi merupakan bagaimana bentuk tingkah laku seseorang untuk menggunakan anggaran untuk membeli atau menghabiskan barang dan jasa. Berdasarkan sifatnya pola konsumsi di klasifikasikan menjadi dua yaitu konsumtif dan hemat. Pola konsumsi yang baik yaitu yang hemat. Tetapi dalam skala besar sikap hemat tidak baik karena mengurangi investasi secara umum. Pola konsumsi dipengaruhi beberapa faktor antara lain yaitu pemahaman ekonomi dan keterampilan sosial. Pemahaman ekonomi merupakan kemampuan untuk mengerti tentang ilmu ekonomi yaitu tentang tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang banyak bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi konsumsi dan atau distribusi. Sedangkan keterampilan sosial merupakan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain dalam konteks sosial dengan cara-cara khusus yang dapat diterima oleh lingkungan dan pada saat bersamaan dapat menguntungkan individu atau bersifat saling menguntungkan atau menguntungkan orang lain. Keterampilan sosial yang mempengaruhi pola konsumsi yang baik adalah keterampian sosial yang positif artinya lingkungan yang memiliki pola yang hemat dan tidak boros. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1). Ingin menganalisis pengaruh pemahaman ekonomi terhadap pola konsumsi siswa (2). Ingin menganalisis pengaruh keterampilan sosial terhadap pola konsumsi dan (3). Ingin menganalisis pengaruh pemahaman ekonomi dan keterampilan sosial terhadap pola konsumsi. Jenis penelitian ini adalah penilitian kuantitatif yaitu kualitatif yang dikuantutatifkan. Penelitin ini dilaksanakan mulai tanggal 23 september2008. Jenis data dalam penelitian ini data data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS karena keterbatasan waktu tenaga dan biaya maka diambil sampel yang mewakili populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel random. Data yang telah terkumpul kemuadian dianalisis. Analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 1 Purwosari mempunyai pemahaman yang cukup hal ini ditunjukkan 87 5% dari siswa SMA Negeri 1 Purwosari yang tergolong dalam klasifikasi nilai yang cukup. Selain itu sebagian besar siswa SMA Negeri 1 Purwosari mempunyai keterampilan sosial yang tinggi hal ini ditunjukkan 67 5% siswa berada pada klasifikasi nilai yang tinggi. Sedangkan 45% siswa memiliki pola konsumsi yang sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman ekonomi memiliki pengaruh yang negatif terhadap pola konsumsi artinya jika pemahaman ekonomi naik maka pola konsumsi akan turun yaitu cenderung hemat. Sedangkan keterampilan sosial perpengaruh positif terhadap pola konsumsi artinya jika keterampilan sosial naik maka pola konsumsi akan naik yaitu cenderung boros. Pemahaman ekonomi dan keterampilan sosial cesara simultan berpengaruh positif terhapad pola konsumsi artinya jika pemahaman ekonomi dan keterampilan sosial naik maka pola konsumsi akan naik yaitu cerung boros. Dari hasil penelitian dan kesimpulan penelilti dapat memeberikan saran yaitu (1). Siswa hendaknya memahami setiap mata pelajaran yang diberikan di sekolah khususnya mata pelajaran ekonomi sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa juga hendaknya memiliki keterampilan sosial yang positif. Dengan begitu siswa akan memperoleh pola konsumsi atau pola hidup yang lebih baik (2). Yang mempengaruhi pola konsumsi dalam penelitian ini terbatas pada pemahaman ekonomi dan keterampilan sosial jadi untuk peneliti lain hendaknya mencari faktor lain sehingga bisa diketahui bahwa yang mempengaruhi pola konsumsi itu tidak terbatas pada dua variabel dalam penlitian ini saja (3). Guru hendaknya dapat memahamkan siswa dengan menggunakan metode yang dianggap paling cocok karena pemahaman tersebut mempengaruhi kehidupan siswa. Selain itu guru juga harus bisa menanamkan keterampilan sosial pada siswa (4). Sekolah harusnya menyediakan sarana dan prasarana untuk kelancaran proses belajar mengajar sehingga proses belajar mengajar dikelas tidak terhambat dengan begitu tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38633

Actions (login required)

View Item View Item