Penerapan pembelajaran kontekstual (CTL) berbasis proyek dibanding pembelajaran kooperatif dengan metode stad untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa dalam kehidupan ekonomi (Studi kasus pada kelas VII SMP Negeri 1 Singosari Malang) / Suminariatiningsi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual (CTL) berbasis proyek dibanding pembelajaran kooperatif dengan metode stad untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa dalam kehidupan ekonomi (Studi kasus pada kelas VII SMP Negeri 1 Singosari Malang) / Suminariatiningsi

Suminariatiningsih (2010) Penerapan pembelajaran kontekstual (CTL) berbasis proyek dibanding pembelajaran kooperatif dengan metode stad untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa dalam kehidupan ekonomi (Studi kasus pada kelas VII SMP Negeri 1 Singosari Malang) / Suminariatiningsi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suminariatiningsih 2008. Penerapan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Berbasis Proyek Dibanding Dengan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode STAD dalam Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa dalam Kehidupan Ekonomi. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Hari Wahyono (II) Agus Sumanto SE M.SA Kata kunci kreativitas prestasi belajar kontekstual berbasis proyek metode STAD Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu melibatkan siswa aktif secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari secara mandiri dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka khususnya dalam kehidupan ekonomi dengan mengembangkan kreativitas dan semangat kompetisi yang sehat sebagai bekal untuk terjun dalam persaingan global nantinya. Pengembangan kreativitas dapat mendorong siswa untuk dapat menggunakan pengetahuan yang dimilikinya untuk menganalisis masalah ekonomi yang sedang dihadapi dan membuat pemecahannya dengan menggunakan kombinasi dari semua proses. Selain itu kreativitas juga dapat meningkatkan motivasi semangat kompetisi kompetensi dan rasa percaya diri siswa. Kreativitas dalam kehidupan ekonomi dapat dilihat dari pemikiran dan tindakan kreatif siswa. Pemikiran kreatif ditunjukkan oleh kelancaran keluwesan keaslian dan keterperincian pemikiran siswa. Sedangkan tindakan kreatif ditunjukkan oleh hasrat keingintahuan siswa perwujudan gagasan partisipasi siswa dalam melaksanakan tugas dan cara siswa menggapi pertanyaan. Sedangkan pengetahuan yang dimiliki siswa merupakan bagian dari prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari aspek kognitif yang berupa nilai ulangan harian. Selama ini guru ekonomi masih banyak yang menggunakan pembelajaran yang meskipun mulai menekankan pada kerjasama dan tanggung jawab kelompok tetapi lebih dipusatkan pada pentransferan ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya belum pada pengalaman nyata siswa dalam menemukan menyusun mengaplikasikan dan mengevaluasi ilmu pengetahuan yang mereka temukan secara mandiri tersebut. Sehingga kreativitas siswa kurang dapat berkembang secara optimal. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa adalah pembelajaran kontekstual berbasis proyek. Pembelajaran kontekstual berbasis proyek selalu melibatkan siswa secara aktif dan kreatif karena pendekatan ini memperkenankan siswa untuk bekerja secara mandiri dalam mengkonstruksi pembelajarannya dan mengkulminasikan dalam produk nyata. Sehingga ilmu pengetahuan yang diperoleh siswa dapat bertahan lama dan bermakna sedangkan guru hanya sebagai fasilitator dan motivator dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Singosari Malang yang mengalami proses pembelajaran kontekstual berbasis proyek dengan yang mengalami proses pembelajaran koperatif dengan metode STAD (2) untuk mengetahui perbedaan kreativitas dalam kehidupan ekonomi pada kelas VII SMP Negeri 1 Singosari Malang yang mengalami proses pembelajaran kontekstual berbasis proyek dengan yang mengalami proses pembelajaran koperatif dengan metode STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi ekperimental). Subjek dalam penelitian ini ada 2 kelas yaitu VII B sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan (1) observasi untuk melihat kreativitas siswa (2) tes untuk melihat pemikiran kreatif siswa dan (3)ulangan harian untuk melihat prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunkan dalam penelitian ini adalah uji-t (t-test) Independent sample test dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis homogenitas dan normalitas. Uji t digunakan untuk menguji kesamaan rata-rata dan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singosari Malang yang mengalami proses pembelajaran kontekstual berbasis proyek dengan yang mengalami proses pembelajaran kooperatif dengan metode STAD dengan nilai t 12 476 dimana kelas ekperimen memiliki peningkatan kreativitas yang lebih tinggi ( ) daripada kelas kontrol ( ) 2) ada perbedaan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singosari Malang yang mengalami proses pembelajaran kontekstual berbasis proyek dengan yang mengalami proses pembelajaran kooperatif dengan metode STAD dengan nilai t 3 468 dimana kelas ekperimen memiliki peningkatan prestasi belajar yang lebih tinggi ( ) daripada kelas kontrol ( 10 13). Berdasarkan pada peneltian yang telah dilaksanakan maka terdapat eberapa saran untuk lebih mengoptimalkan penerapan pembelajaran kontekstual berbasis proyek antara lain 1) bagi guru sebaiknya menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis proyek dalam setiap penyampaian kompetensi dasar kegiatan pokok ekonomi dalam masyarakat karena telah terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa dalam kehidupan ekonomi. 2) Pelaksanaan pembelajaran kontekstual berbasis proyek hendaknya didukung oleh pihak sekolah dengan meningkatkan sarana prasarana memberikan waktu khusus agar pelaksanaannya lebih optmal dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif. 3) Bagi peneliti selanjutnya karena keterbatasan penelitian hanya melihat perbedaan prestasi belajar dan kreativitas siswa dalam kehidupan ekonomi maka sebaiknya mengembangkan variabel terikat dan dapat dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai korelasi antara prestasi belajar dan kreativitas lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38632

Actions (login required)

View Item View Item