Penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan kombinasi metode numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan prestasi mata pelajaran ekonomi siswa SMP Negeri 6 Malang / Lisnatul Hamidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan kombinasi metode numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan prestasi mata pelajaran ekonomi siswa SMP Negeri 6 Malang / Lisnatul Hamidah

Hamidah, Lisnatul (2010) Penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan kombinasi metode numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan prestasi mata pelajaran ekonomi siswa SMP Negeri 6 Malang / Lisnatul Hamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamidah Lisnatul. 2009. Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Dengan Kombinasi Metode Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMP Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. J.G. Nirbito M.Pd (2) Dr. Nasikh SE M.P M.Pd. Kata Kunci Pola PBMP Numbered Heads Together Prestasi Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis di SMP Negeri 6 Malang diketahui bahwa metode pengajaran yang sering digunakan oleh Guru Ekonomi di SMP Negeri 6 Malang adalah ceramah diskusi konvensional dan pemberian tugas rumah. Sistem pengajarannya masih teacher oriented belum menjadi student oriented. Cara pengajaran ini ternyata masih belum memberikan hasil yang maksimal. Siswa cenderung pasif dan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran akibatnya prestasi belajar siswa menjadi rendah. Untuk meningkatkan prestasi siswa perlu diterapkan variasi metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Tujuan yang diharapkan tersebut antara lain dapat dicapai melalui penerapaan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dipadu dengan metode Numbered Heads Together. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dipadu dengan metode Numbered Heads Together dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa karena itulah penulis mencoba menerapkannya dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 6 Malang pada mata pelajaran Ekonomi setelah penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dipadu dengan metode Numbered Heads Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dikombinasikan dengan model Numbered Heads Together dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Instrumen penelitiannya berupa nilai tes observasi catatan lapangan dan lembar kerja PBMP. Prosedur analisis data dimulai dengan reduksi data kemudian penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Instrumen yang berupa Observasi dan catataan lapangan dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan nilai tes berupa pre test dan post test serta lembar PBMP dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 6 Malang kelas VIII-7 pada semester gasal tahun ajaran 2008-2009. Jumlah siswa sebanyak 38 terdiri dari 20 siswa i laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan terhitung sejak bulan September sampai dengan bulan Nopember 2008. Data yang diperoleh dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas dan prestasi siswa dari siklus I jika dibandingkan dengan siklus II. Pada siklus I tingkat keberhasilan siswa mengikuti proses pembelajaran adalah 55 56% dengan kategori cukup ternyata pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 76 43% dengan kategori baik . Sebelum diterapkan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dipadu dengan metode Numbered Heads Together perolehan nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 65 5 dengan nilai terendah 47 dan tertinggi 87. Nilai ini dilihat berdasarkan hasil pre test. Pada hasil post test siklus I setelah diterapkan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dipadu dengan metode Numbered Heads Together perolehan nilai rata-rata adalah 78 dengan nilai terendah 60 dan tertinggi 93 prosentase ketuntasan belajarnya adalah 56%. Pada hasil post test siklus II terjadi peningkatan perolehan nilai rata-rata yakni 89 dengan nilai terendah 73 dan nilai tertinggi 100. Prosentase ketuntasan belajarnya adalah 94%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dipadu dengan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 6 Malang. Disarankan kepada pihak sekolah untuk menerapkan pembelajaran Pola PBMP dengan NHT namun harus selalu disesuaikan dengan keadaan siswa. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38631

Actions (login required)

View Item View Item