Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi semester I tahun pelajaran 2008/2009 di SMA Negeri 1 Pare Kediri / Edna Fitriani Irianingtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi semester I tahun pelajaran 2008/2009 di SMA Negeri 1 Pare Kediri / Edna Fitriani Irianingtyas

Irianingtyas, Edna Fitriani (2009) Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi semester I tahun pelajaran 2008/2009 di SMA Negeri 1 Pare Kediri / Edna Fitriani Irianingtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irianingtyas Edna Fitriani. 2008. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester I Tahun Pel ajaran 2008/2009 di SMA N 1 Pare Kediri. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakulas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos M. Si (II) Drs. Mardono M.Si. Kata kunci Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Hasil Belajar Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk menstimulus siswa agar terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa saling belajar bersama saling menyumbang pikiran dan tanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar baik secara individu maupun kelompok. Motivasi pada pembelajaran kooperatif terutama terletak pada bentuk struktur pencapaian tujuan berupa hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa saat melakukan kegiatan. Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas X SMAN 1 Pare Kediri diketahui bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi masih kurang. Hal ini terlihat dari keberagaman masalah yang muncul antara lain (1) kurangnya persiapan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. (2) siswa tidak memperhatikan ketika guru sedang menyampaikan pelajaran didepan kelas. (3) rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan belajar dikelas (4) siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan tidak dengan cara mengerjakan sendiri melainkan dengan cara meniru hasil pekerjaan teman dan bahkan ada yang tidak mengumpulkan tugas. Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan dan menganalisis hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Pare Kediri yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran model ceramah. (2) mendiskripsikan dan menganalisis hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Pare Kediri yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament(TGT). (3) mendiskripsikan dan menganalisis efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament(TGT) dilihat dari segi perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberi pengajaran dengan metode ceramah dengan siswa yang diberi pengajaran dengan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament(TGT). Dalam TGT siswa mengkontruksi pemahaman dan pengetahuan secara aktif melalui proses diskusi dan turnamen sehingga diharapkan motivasi dan hasil belajar bisa meningkat. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Pare dari bulan Agustus sampai November 2008. yang menjadi subjek penelitian adalah kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan X-8 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan metode TGT sedangkan pada kelas kontrol diberikan metode ceramah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Tehnik pengumpulan data melalui (1) tes (pretest dan posttest) (2) lembar observasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil belajar. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji-t uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan awal kelompok siswa yang diberi pengajaran dengan metode pembelajaran model ceramah (kelompok kontrol) dalam pelajaran ekonomi adalah pada ranah kognitif sebesar 58 57 dan rata-rata kemampuan akhir sebesar 73 71. Jadi hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan model ceramah mengalami peningkatan 15 14. Pada ranah afektif skor rata-rata kelompok kontrol adalah 3 015 dan pada ranah psikomotorik skor rata-rata sebesar 21 55. Kemampuan awal kelompok siswa yang diberi pengajaran dengan metode pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) dalam pelajaran ekonomi adalah pada ranah kognitif sebesar 57 dan rata-rata kemampuan akhir sebesar 80 71. Jadi hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan metode pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) mengalami peningkatan 23 71. Pada ranah afektif skor rata-rata kelompok kontrol adalah 3 382 dan pada ranah psikomotorik skor rata-rata sebesar 21 70. Hasil belajar antara siswa yang diberi pengajaran dengan metode pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) dengan metode ceramah berbeda secara signifikan. Hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan metode pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) (kelompok eksperimen) lebih tinggi lebih baik serta lebih efektif dari pada hail belajar kelompok yang diberi pengajaran dengan model ceramah (kelompok kontrol). Saran yang dapat penulis sampaikan antara lain guru ekonomi hendaknya mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi yang sesuai. (1) guru diharapkan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT menggunakan variasi permainan yang berbeda sehingga siswa lebih bersemangat dalam belajar. (2) guru hendaknya memberi pengawasan penuh terhadap proses diskusi siswa agar proses belajar kelompok dapat benar-benar kooperatif. (3) dalam menerapkan turnamen TGT guru hendaknya sudah mempersiapkan tata ruang meja turnamen kartu soal kartu jawaban dan kartu undian sebelum siswa masuk kedalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38629

Actions (login required)

View Item View Item