Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 5 Malang / Nur Iftitah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 5 Malang / Nur Iftitah

Iftitah, Nur (2010) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 5 Malang / Nur Iftitah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iftitah Nur. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos. M.Si. (II) Dr.Hadi Sumarsono ST. M.Si. Kata kunci Pembelajaran berbasis masalah kemampuan memecahkan masalah berpikir kritis. Pengertian pembelajaran berbasis masalah adalah suatu pendekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah siswa tidak hanya menerima materi pelajaran di dalam kelas namun siswa diharapkan dapat menggali dan menemukan sendiri pemecahan dari masalah yang diberikan sehingga dapat memancing proses belajar mereka. Sesuai dengan tujuannya yaitu membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir dan kemampuan memecahkan masalah. Kemampuan memecahkan masalah adalah siswa mampu untuk mengembangkan cara berpikir tentang masalah-masalah ekonomi secara nyata teratur dan teliti yang bertujuan untuk memperoleh kemampuan dan kecakapan berpikir kritis untuk memecahkan masalah.Guru perlu menciptakan suatu masalah untuk dipecahkan oleh anak didik di kelas salah satu indikator kepandaian anak didik banyak ditentukan oleh kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Pemecahan masalah dapat mendorong anak didik untuk tegar dalam menghadapi masalah belaja. Kemampuan berpikir kritis adalah mampu untuk menganalisis mengkritik dan menarik kesimpulan suatu masalah yang diberikan oleh guru dalam mata pelajaran ekonomi berdasarkan pada pertimbangan yang dilakukan oleh siswa sendiri. Penelitian ini bertujuan adalah (1)Mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X-2 SMA Negeri 5 Malang (2) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X-2 SMA Negeri 5 Malang (3) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan respon siswa kelas X-2 SMA Negeri 5 Malang pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Karena dalam penelitian ini menggambarkan keadaan dan menggambarkan data-data. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Researh). Dengan melihat peningkatan motivasi dan hasil belajar pada setiap siklus pada model PBL. PTK dilakukan proses pengkajian berdaur dari 4 tahap yaitu (1) Perencanaan tindakan (2) Pelaksanaan tindakan (3) Mengamati atau observasi (4) Merefleksi analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data pada model pembelajaran berbasis masalah ketercapaian tindakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dilihat dari dua sisi yaitu ketercapaian tindakan guru menerapkan model pembelajaran dan ketercapaian siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dari lembar observasi dapat diketahui bahwa prosentase ketercapaiaan tindakan guru pada siklus I menunjukkan 80% dengan taraf ketercapaian tindakan sangat baik . Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 20% yaitu dari 80% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan dari lembar observasi kemampuan memecahkan masalah siswa dapat diketahui bahwa prosentase ketercapaian tindakan pada siklus I menunjukkan 66 7% dengan taraf ketercapaian cukup baik menjadi 69 3% pada siklus II dengan taraf ketercapaian cukup baik . Sehingga pada siklus II terjadi peningkatan yang tidak terlalu tinggi yaitu 2 6 %. Dan pada lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dapat diketahui bahwa prosentase ketercapaian tindakan pada siklus I menunjukkan 65 9% dengan taraf ketercapaian cukup baik menjadi 68% pada siklus II dengan taraf ketercapaian cukup baik . Sehingga pada siklus II terjadi peningkatan yang tidak terlalu tinggi yaitu 2 1 %. Bertitik tolak dari penelitian ini beberapa saran yang diajukan peneliti adalah (1)Guru mata pelajaran ekonomi kelas X disarankan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah sebagai alternatif pembelajaran berbasis masalah untuk dapat sedikit meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis terutama pada materi perilaku konsumen dan produsen agar siswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang bersifat monoton lainnya (2)Pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah hendaknya dipertimbangkan kesesuaian antara materi yang ada di dalam buku siswa dengan permasalahan yang disajikan agar siswa mudah memahami konsep dan penerapannya kondisi lingkungan belajar siswa yang sesuai dengan cirinya yaitu terbuka ada proses demokrasi dan peranan siswa yang aktif serta waktu yang tersedia mencukupi (3)Untuk peneliti selanjutnya dapat meneruskan penelitian ini untuk diterapkan pada kelas dan sekolah lain dengan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38626

Actions (login required)

View Item View Item