Efektivitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) terhadap penguasaan materi siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Malang / Ririn Kusnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) terhadap penguasaan materi siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Malang / Ririn Kusnawati

Kusnawati, Ririn (2009) Efektivitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) terhadap penguasaan materi siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Malang / Ririn Kusnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran mutlak diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sejauh ini pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Di SMA Negeri 9 Malang metode mengajar yang dilaksanakan hanya melalui ceramah. Salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan dalam rangka mengaktifkan dan mengembangkan potensi siswa dalam pembelajaran ekonomi adalah dengan menerapkan model pembelajaran TGT. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) di SMA Negeri 9 Malang. (2) Untuk mengetahui hasil penguasaan materi siswa kelas X yang diajarkan dengan metode pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) di SMA Negeri 9 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang. Sampel kelas X.6 dan X.7 dengan jumlah siswa masing-masing kelas adalah 41 siswa kelas X.6 dan 40 siswa kelas X.7. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu (1) Penggunaan metode kooperatif model TGT sebagai variabel bebas (variabel independen). (2) Penguasaan materi sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian adalah (1) Instrumen Pembelajaran yang terdiri dari silabus/ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran LKS kartu soal dan kartu jawaban (2) Instrumen untuk mengukur penguasaan materi siswa yaitu tes kognitif. Tes ini terdiri dari pretes untuk mengukur kemampuan awal siswa dan post tes untuk mengetahui hasil penguasaan siswa. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t dua pihak sebelum dilakukan uji t dilakukan uji prasarat analisis yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari penelitian ini adalah tedapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan metode ceramah dan siswa yang diajar dengan metode kooperatif model TGT. Rata-rata kelas yang diajar dengan metode TGT adalah 79 75 sedangkan kelas yang diajar dengan ceramah adalah 66 22. Hal ini memberikan gambaran bahwa penguasaan materi pada kelas yang diajar dengan model TGT lebih tinggi daripada kelas yang diajar dengan metode ceramah. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode kooperatif berjalan dengan efektif. Peningkatan unsur berada pada riteria cukup bagus sampai bagus. Saran sebaiknya dilakukan pengawasan dalam pelaksanaan metode ini agar tercipta suasana belajar yang lebih lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38624

Actions (login required)

View Item View Item