Andharini P., Lia (2009) Evaluasi program pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Blitar / Lia Andharini P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia tidak kunjung menemukan hasil yang menggembirakan. Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sebagai bagian dari peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui evaluasi. Evaluasi atau penilaian merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran. Pengembangan alat evaluasi merupakan bagian intergral dalam pengembangan sistem instruksional. Oleh sebab fungsi evaluasi adalah untuk mengetahui apakah tujuan yang dirumuskan dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah sebagai pertimbangan pengambilan kebijaksanaan yang tepat sekaligus untuk melihat keterlaksanaan program sebagai suatu realisasi kebijakan untuk menentukan tindak lanjut dari program di SMAN se-Kota Blitar dalam (1) penyusunan RPP (2) proses pembelajaran di kelas dan (3) evaluasi hasil belajar. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru ekonomi di SMAN se-Kota Blitar yang meliputi enam guru dimana masing-masing SMAN diambil dua orang guru. Penelitian ini menggunakan instrumen pedoman observasi wawancara dan angket. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) karena penelitian ini ingin menggambarkan kualitasprogram pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan guru ekonomi dari SMAN 1 dalam penyusunan RPP dengan nilai rata-rata yaitu 58 75 persen kemudian guru ekonomi dari SMAN 2 mendapat nilai rata-rata yaitu 67 5 persen sedangkan kemampuan guru ekonomi dari SMAN 3 dalam penyusunan RPP dengan nilai rata-rata yaitu kemampuan guru ekonomi dari SMAN 1 dalam penyusunan RPP dengan nilai rata-rata yaitu 58 75 persen. Maka kemampuan guru ekonomi dari SMAN 2 dalam penyusunan RPP lebih baik dari pada guru ekonomi dari SMAN 1 dan SMAN 3 Kota Blitar (2) kemampuan guru ekonomi dari SMAN 1 dalam proses pembelajaran dengan nilai rata-rata yaitu 69 32 persen guru ekonomi dari SMAN 2 dengan nilai rata-rata yaitu 75 persen sedangkan guru ekonomi dari SMAN 3 dengan nilai rata-rata yaitu 67 18 persen. Maka kemampuan guru ekonomi dari SMAN 2 dalam proses pembelajaran lebih baik dari pada guru ekonomi dari SMAN 1 dan SMAN 3 Kota Blitar dan (3) evaluasi hasil belajar rata-rata sudah dilaksanakan cukup baik akan tetapi karena dengan alasan keterbatasan waktu maka ketuntasan belajar siswa hanya dilakukan tidak maksimal dan tidak terdapat pengulangan materi pada siswa yang masih belum tuntas belajarnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |