Implementasi pembelajaraan kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada kelas VIII G SMP Negeri 1 Singosari / Syaifuddin Zuhri - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaraan kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada kelas VIII G SMP Negeri 1 Singosari / Syaifuddin Zuhri

Zuhri, Syaifuddin (2009) Implementasi pembelajaraan kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada kelas VIII G SMP Negeri 1 Singosari / Syaifuddin Zuhri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mendidik generasi penerus agar memiliki pengetahuan tinggi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki keterampilan yang dapat membekali hidupnya di masyarakat. Mengingat pentingnya pendidikan maka kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas harus ditingkatkan agar mutu pendidikan di sekolah semakin meningkat. Salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan penyempurnaan proses belajar yang meliputi sistem penilaian dan metode pembelajaran yang berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif terdiri dari empat model yaitu Student Teams Achievement Division (STAD) Jigsaw Group Investigation (GI) dan metode Sruktural yang terdiri dari dari dua model Think Pair Shair (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT). Dalam penelitian ini metode pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran NHT adalah strukur yang melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman siswa terhadap isi pelajaran tersebut. Pembelajaran kooperatif NHT ini memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi waktu lebih banyak berfikir menjawab dan saling membantu satu sama lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa sesudah dilaksanakan penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) catatan lapangan dan tes. Sedangkan analisis data meliputi mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 1 Singosari yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa Sebelum dan sesudah dilaksanakannya pembelajaran kooperatif model NHT. Sebelum dilaksanakan pebelaran kooperatif model NHT nilai rata-rata kelas jauh dibawah nilai standar kelulusan minimum yaitu 70 56. Dan setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 70 56 menjadi 76 67 pada Siklus I. Dengan demikian hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilaksanakannya pembelajaran NHT mengalami kenaikan sebesar 22 22%. Dan pada siklus II nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan lagi sebesar 19 44% dari 76 67 menjadi 81 53. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Guru mata pelajaran IPS ekonomi SMP Negeri 1 Singosari disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together(NHT) karena metode ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Untuk kesempurnaan penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) ini maka harus disediakan alokasi waktu yang cukup agar tidak mengurangi tahap berpikir dan menjawab siswa. (3) Guru mata pelajaran IPS ekonomi disarankan hendaknya membuat variasi metode pembelajaran dengan memadukan metode pembelajaran Numbered Heads Together dengan metode pembelajaran yang lain. (4) Perlu dilakuakan penelitian lebih lanjut mengenai model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38620

Actions (login required)

View Item View Item