Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 SMP Negeri 4 Malang / Hayatun Nufus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 SMP Negeri 4 Malang / Hayatun Nufus

Nufus, Hayatun (2010) Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 SMP Negeri 4 Malang / Hayatun Nufus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nufus Hayatun. 2009.Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 3 SMP Negeri 4 Malang. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Moch. Ichsan SE M.Pd M.Si. (2) Dr. Agung Haryono SE M.Si. Kata Kunci Sosial Ekonomi Prestasi Belajar. Dalam pelaksanaan pendidikan ada tiga unsur yang ikut bertanggung jawab yaitu orang tua masyarakat dan pemerintah. Dalam dunia pendidikan formal fenomena belajar mengajar dapat dilihat sebagai suatu proses belajar mengajar dan lebih menekankan pada terciptanya kegiatan pada diri siswa. Dalam mewujudkan lembaga pendidikan orang tua siswa dilibatkan dalam partisipasi swadana hal ini secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh pada kondisi siswa dan pada akhirnya akan berpengaruh pada prestasi siswa. Keadaan sosial ekonomi orang tua menentukkan perkembangan dan pendidikan anak disamping sebagai faktor penting bagi kesejahteraan keluarga. Tujuan dalam penelitian adalah (1) mengetahui latar belakang sosial ekonomi orang tua siswa kelas 3 SMP Negeri 4 Malang (2) mengetahui prestasi belajar siswa kelas 3 SMP Negeri 4 Malang (3) menganalisis ada tidaknya pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 SMP Negeri 4 Malang (4) mengetahui faktor yang dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 SMP Negeri 4 Malang Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Malang dengan populasi penelitian adalah siswa kelas 3 SMP dengan jumlah sampel 72 orang siswa. Rancangan Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Metode pengumpulan data melalui penyebaran berupa angket. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Propotional Random Sampling. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis sebagai berikut (1) Tingkat pendidikan jenis pekerjaan besar pendapatan dan jumlah tanggungan orang tua siswa kelas 3 SMP Negeri 4 Malang adalah tinggi (2) secara parsial latar belakang social ekonomi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa Kelas 3 SMP Negeri 4 Malang (3) prestasi belajar yang dicapai oleh siswa kelas 3 SMP Negeri 4 Malang setelah dilihat dari latar belakang sosial ekonomi orang tua adalah sedang sebesar 84 7% (4) faktor yang dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah besar pendapatan orang tua. Beberapa simpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan orang tua jenis pekerjaan orang tua besar pendapatan orang tua dan jumlah tanggungan orang tua siswa kelas 3 SMP Negeri 4 Malang adalah tinggi adanya pengaruh yang signifikan antara latar belakang sosial terhadap prestasi belajar dan prestasi belajar yang dicapai oleh siswa kelas 3 SMP Negeri 4 Malang adalah sedang factor dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 SMP Negeri 4 Malang adalah besar pendapatan orang tua. Oleh karena itu peneliti sarankan kepada wali murid untuk meningkatkan perhatian terhadap perkembangan anaknya dan memberikan informasi bimbingan perlakuan kesempatan mengarahkan dan menciptakan lingkungan yang baik serta menumbuhkan motivasi dan rasa percaya diri agar berprestasi seoptimal mungkin. Peneliti sarankan kepada pihak Sekolah Sebagai lembaga tempat siswa mencari ilmu merupakan unsur penting bagi terbentuknya kecerdasan siswa. Serta saran kepada siswa Bagaimanapun keadaan sosial ekonomi orang tua diharapkan agar siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya karena sangat berguna bagi masa depan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38613

Actions (login required)

View Item View Item