Anggraini, Puput (2024) Analisis implementasi project based learning di SMK Negeri 1 Ngasem Kediri / Puput Anggraini</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemahaman pengetahuan dan implementasi Project Based Learning (PjBL) memainkan peran penting dalam menentukan kesiapan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang efektif. PjBL tidak hanya membutuhkan pemahaman teoritis tetapi juga keterampilan praktis untuk mengintegrasikan proyek ke dalam proses belajar mengajar. Kesiapan guru dalam hal ini sangat menentukan keberhasilan penerapan PjBL di kelas yang berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis kolaborasi dan kreativitas siswa. Dengan demikian pemahaman yang mendalam tentang konsep dan langkah-langkah PjBL serta kemampuan untuk mengimplementasikannya secara efektif akan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Langkah Project Based Learning meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Diharapkan penelitian ini mampu berkontribusi menjadi sumber literatur mengenai efektivitas implementasi Project Based Learning (PjBL) dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilannya serta memberikan rekomendasi untuk peningkatan kualitas penerapan PjBL di SMK Negeri 1 Ngasem Kediri terhadap semua guru produktif sebanyak 43 dan peserta didik kelas 11 dan 12 sebanyak 813 siswa. Hasil penelitian menggambarkan pengetahuan guru pada langkah perencanaan (79%) artinya masuk dalam kategori baik langkah pelaksanaan hasil sebesar (68%) artinya masuk dalam kategori cukup dan langkah evaluasi hasil sebesar (77%) artinya masuk dalam kategori baik. Pengetahuan guru dalam implementasi Project Based Learning (PjBL) pada tahap perencanaan pelaksanaan dan evaluasi umumnya baik. Namun peningkatan motivasi siswa penilaian awal sebelum proyek dimulai serta pelatihan penilaian sejawat dan umpan balik yang lebih konstruktif masih diperlukan untuk meningkatkan efektivitas PjBL dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/386125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |