Nisa, Siti Rohmatun (2024) Pengembangan media pembelajaran project based learning (PJBL) irigasi pada kompetensi keahlian KJIJ di SMK Negeri 6 Malang / Siti Rohmatun Nisa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan kesadaran sosial peserta didik agar siap menghadapi dunia kerja. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya dalam program Konstruksi Jalan Irigasi dan Jembatan (KJIJ) membekali peserta didik dengan keterampilan praktis di bidang teknik irigasi. Keterampilan ini penting untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang konstruksi dan teknik sipil khususnya dalam proyek-proyek yang berkaitan dengan pengelolaan dan perencanaan jaringan irigasi. Namun dalam proses pembelajaran teknik irigasi ini terdapat tantangan utama berupa keterbatasan praktik langsung di lapangan. Hal ini disebabkan oleh kendala-kendala seperti keterbatasan fasilitas biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan simulasi nyata di lokasi sebenarnya. Akibatnya para siswa seringkali mengalami kesulitan dalam memahami secara mendalam konsep-konsep teknis irigasi. Untuk mengatasi kendala ini metode Project Based Learning (PjBL) dipilih sebagai pendekatan pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara aktif dalam menyelesaikan tugas-tugas berbasis proyek. Metode ini memungkinkan siswa untuk terlibat langsung dalam proyek yang mendekati situasi nyata sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan teknis dan problem-solving yang relevan. Media pembelajaran yang digunakan dalam pendekatan ini adalah video tutorial berbasis audio-visual dengan perangkat lunak HEC-RAS. Video tutorial ini dirancang untuk memberikan simulasi praktik yang mendekati kondisi nyata di lapangan dengan menampilkan prosedur penggunaan perangkat lunak HEC-RAS dalam perencanaan dan analisis jaringan irigasi. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Research and Development (R amp D) dengan desain penelitian ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation) serta desain kuasi eksperimen atau eksperimen semu untuk menilai seberapa efektivitas pemahaman produk yang dikembangkan melalui tes pemahaman peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validasi oleh ahli media dan ahli materi serta uji normalitas dan uji normalitas gain untuk mengetahui tingkat efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video tutorial HEC-RAS ini sangat valid dengan penilaian dari ahli media mencapai 99% dan dari ahli materi mencapai 94% keduanya berada dalam kategori ldquo Sangat Baik. rdquo Uji coba terbatas juga memperlihatkan efektivitas media ini sebesar 64% menunjukkan bahwa media ini cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran teknik irigasi di SMK. Oleh karena itu pengembangan video tutorial berbasis HEC-RAS ini berpotensi meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi irigasi mendukung efektivitas pembelajaran berbasis proyek serta memenuhi kebutuhan industri. Disarankan untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut dengan cakupan materi yang lebih luas dan penerapan di lebih banyak kelas untuk memastikan peningkatan pemahaman yang merata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/386121 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |