Pengaruh prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi terhadap kemampuan mengajar pada mata pelajaran ekonomi dalam praktik pengalaman lapangan (PPL) / Emy Andriyanti

Andriyanti, Emy (2009) Pengaruh prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi terhadap kemampuan mengajar pada mata pelajaran ekonomi dalam praktik pengalaman lapangan (PPL) / Emy Andriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Andriyanti, Emy. 2009. Pengaruh Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Terhadap Kemampuan Mengajar Pada Matapelajaran Ekonomi dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Bambang Pranowo, S.E., M.Pd., Ak., (II) Drs. Prih Hardinto, M.Si. Kata Kunci: prestasi akademik, kemampuan mengajar, praktik pengalaman lapangan. Kemajuan suatu negara tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan kualitas pendidikan dan kualitas guru, sehingga dari tahun ke tahun kualitas guru dan kualitas pendidikan sering mendapat sorotan. Guru merupakan faktor determinan dalam menentukan tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Peran guru di sini sangatlah penting sebagai pembina generasi penerus bangsa di masa yang akan datang. Oleh karena itu, seorang guru dituntut harus memiliki profesionalisme yang memadai untuk melaksanakan tugasnya. Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang dipercaya untuk menyiapkan tenaga kependidikan dan nonkependidikan. Salah satu upaya yang dilakukan Universitas Negeri Malang (UM) dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan khususnya calon tenaga pendidik adalah melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL merupakan kegiatan untuk menyatukan teori dan praktek. Persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan PPL yakni lulus 100% MPK, 90% MKK, dan 80% MKB. MPK merupakan kelompok matakuliah yang bertujuan untuk membentuk kepribadian seorang mahasiswa. MKK merupakan kelompok matakuliah yang bertujuan untuk memberikan landasan ilmu dan keterampilan tertentu, sedangkan MKB merupakan kelompok matakuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai. Penelitian ini menggunakan pendekatan observasi terstruktur dengan subyek penelitian mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi yang melaksanakan PPL pada semester genap 2008/2009 di SMA se-Kota Malang. Jumlah mahasiswa ekonomi yang melaksanakan PPL sebanyak 30 orang yang tersebar di 8 SMA di kota Malang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian populasi yang tidak menggunakan sampel karena jumlah populasi yang diteliti sebanyak 30 orang yakni kurang dari 100. Metode analisis data yang digunakan adalah uji empiris/ teknik analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi ganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa: (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara prestasi akademik MPK terhadap kemampuan mengajar, (2) prestasi akademik MKK memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan mengajar, (3) prestasi akademik MKB memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan mengajar, (4) prestasi akademik MPK, prestasi akademik MKK, dan prestasi akademik MKB secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan mengajar pada matapelajaran ekonomi dalam PPL. Dimana besarnya kontribusi yang ii diberikan secara bersama-sama sebesar 53,7% . Sedangkan pengaruh secara parsial hanya oleh variabel prestasi akademik MKK dan prestasi akademik MKB. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar: 1) Bagi jurusan Ekonomi Pembangunan diharapkan agar memberi bekal tambahan yang sebanyak-banyaknya kepada mahasiswa Pendidikan Ekonomi, dengan tidak hanya penyampaian materi saja melainkan juga latihan-latihan baik itu dalam belajar mengajar maupun pengaplikasian model/ metode pembelajaran. Dengan harapan kegiatan tersebut dapat digunakan mahasiswa sebagai latihan awal sebelum pelaksanaan PPL I, 2) Bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi diharapakan dapat lebih mengoptimalkan kegiatan PPL I (di kampus), sehingga pada saat pelaksanaan PPL II (di sekolah) kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan maksimal sesuai dengan harapan bersama, 3) Bagi Universitas Negeri malang diharapkan untuk memberi pembekalan yang lebih matang kepada semua mahasiswa yang akan melaksankan PPL, karena mahasiswa yang akan melaksanakan PPL membawa bendera universitas, 4) Bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT PPL) UM disarankan agar kegiatan PPL baik PPL I maupun PPL II diperpanjang waktu pelaksanaannya. Karena waktu 3 bulan tidaklha cukup dalam berlatih di lapangan. Dan dalam rubrik penilaian kemampuan mengajar disrankan untuk menambah indikator yang memuat tentang kompetensi kepribadian guru. Sehingga indikator tersebut dapat digunakan sebagai penilaian terhadap kepribadian guru pada saat pelaksanaan PPL selanjutnya, 5) Bagi SMA temapt prakrik diharapkan untuk lebih terbuka dalam memberikan masukan/ materimateri kepada mahasiswa PPL, terutama dalam mengelola pembelajaran di sekolah, sehingga terdapat pola hubungan yang saling menguntungkan, 6) Bagi Guru Pamong, hendaknya membimbing mahasiswa PPL lebih ketat, dan memberikan penilaian secara obyektif dengan pemantauan secara intensif dalam setiap tatap muka di dalam kelas. Dengan demikian mahasiswa PPL dapat lebih memperoleh pengalaman yang berarti ketika PPL, 7) Bagi pihak lain yang mempunyai keinginan mengadakan penelitian sejenis disarankan agar variabel penelitian ini tidak hanya sebatas dari prestasi akademik, tetapi juga variabel lain yang berpengaruh seperti motivasi mengajar, dan kemampuan bersosialisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38612

Actions (login required)

View Item View Item