Burhanudin, Maghdzany Fikri (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis video virtual reality pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan / Maghdzany Fikri Burhanudin</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran yang efektif. Penggunaan teknologi yang terus berkembang seperti video virtual reality (VR) menawarkan potensi baru dalam memperkaya pengalaman belajar siswa. Para siswa cenderung merasa bosan karena pembelajaran di kelas terasa monoton dan kurangnya variasi media yang digunakan. Oleh karena itu media pembelajaran VR ini dikembangkan. Tujuan dari pengembangan media ini yaitu 1). Menghasilkan media berupa video pembelajaran berbasis video virtual reality untuk mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan 2). Mengetahui kelayakan media video berbasis virtual reality untuk mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Metode ADDIE digunakan untuk pengembangan media pembelajaran karena terstruktur secara sistematis fleksibel iterative dan memiliki tahap evaluasi yang terintegrasi. Penelitian ini dilakukan untuk siswa kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu jurusan DPIB (Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan) pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan. Data yang dikumpulkan yaitu data kualitatif dan kuantitatif dan instrument yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Hasil dari pengembangan media pembelajaran berbasis video virtual reality ini mendapatkan nilai validitas yang baik dengan skor persentase validasi ahli materi yaitu 92.5% dengan kategori sangat layak dan skor persentase validasi ahli media mendapatkan 97.5% dengan kategori sangat layak. Selain itu diujicobakan kepada siswa berjumlah 30 orang didapatkan persentase skor 80% dengan kategori layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video VR ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Respons siswa terhadap penggunaan media ini juga positif. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan dapat diadopsi dalam konteks pendidikan di SMK.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/386118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |