Masnifa, Silmi (2024) Hubungan fasilitas pembelajaran dengan kompetensi keahlian siswa desain pemodelan dan informasi bangunan di SMKN 6 Malang / Silmi Masnifa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saat ini terdapat kesenjangan kompetensi di industri konstruksi dalam bidang manajemen proyek karena adanya tuntutan revolusi 4.0 untuk menggunakan perangkat lunak dengan teknologi yang canggih. Salah satu aspek yang mempengaruhi keterserapan lulusan pada dunia industri adalah ketersediaan fasilitas yang memadai karena kemungkinan bisa digunakan untuk membantu siswa dalam memahami kompetensi yang diajarkan di sekolah. Hal tersebut didukung berdasarkan hasil wawancara yang disampaikan oleh waka sarpras yang menyatakan bahwa keseluruhan kualitas fasilitas pembelajaran di SMK Negeri 6 Malang kurang baik dan kuantitas yang tersedia cukup terbatas. Permasalahan tersebut teridentifikasi melalui adanya beberapa perangkat pembelajaran yang rusak serta tidak segera diperbaiki. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara fasilitas pembelajaran dengan kompetensi keahlian siswa DPIB di SMKN 6 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif korelasional. Lokasi observasi dilakukan di SMK Negeri 6 Malang dengan menggunakan sampel penelitian yaitu 139 siswa dari kelas X dan XI DPIB pada Tahun Ajaran 2023/2024. Jumlah sampel yang diambil telah dihitung menggunakan rumus slovin dari teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dokumentasi dan angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif uji normalitas dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS 22 dan Microsoft Excel. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa kualitas fasilitas pembelajaran yang tersedia pada ruang gambar teknik ruang lab komputer dan ruang praktik di SMKN 6 Malang berdasarkan persepsi siswa secara umum termasuk kategori baik (76 92%). Fasilitas yang masih kurang yaitu kondisi ruang gambar teknik (63 40%) dan kelengkapan ruang praktik ukur tanah (54 32%). Kesesuaian kompetensi siswa Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMKN 6 Malang dengan SKKNI masuk pada kategori baik (71 58%). Dalam bidang perencanaan kompetensi siswa paling tinggi berada pada tahapan menggambar teknik dasar (74 30%) serta siswa memiliki nilai kemampuan paling rendah untuk memahami BIM (67 81%). Sedangkan dalam bidang pelaksanaan kompetensi siswa paling tinggi berada pada tahapan menerapkan prosedur K3LH (72 66%) serta siswa memiliki nilai kemampuan terendah untuk menghitung estimasi biaya konstruksi (69 06%) serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara fasilitas pembelajaran dengan kompetensi siswa DPIB yang termasuk dalam kategori sedang (r 0 565).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/386116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |