Pratiwi, Christa Reca (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis hybrid menggunakan google sites pada mata pelajaran estimasi biaya kontruksi untuk siswa SMK kompetensi keahlian dpib / Christa Reca Pratiwi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi menuntut adanya inovasi baru dalam dunia pendidikan. Dengan perkembangan dunia pendidikan di Indonesia pembaharuan kurikulum dan media pembelajaran terus dilakukan untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Kurangnya media pembelajaran di sekolah menjadi salah satu alasan tidak tercapainya tujuan dari pembelajaran sehingga penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis hybris ini diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode Research amp Development Hannafin amp Peck dengan 3 tahapan yaitu tahap analisis kebutuhan tahap desain dan tahap pengembangan dan implementasi. Subjek uji coba dalam pengembangan ini yaitu 3 validator yaitu ahli media materi dan ahli praktisi lapangan serta siswa kelas XII SMK Nasional Malang. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara guru dan siswa serta melalui kuesioner atau angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dari angket validator dan uji coba peserta didik untuk data kualitatif dari komentar/saran yang dicantumkan pada angket. Analisis data menggunakan Microsoft Exel dan diambil hasil analisis dengan memperhitungkan kategori persentase penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis hybrid dengan Google Sites dan modul ajar tergolong sangat layak dengan rincian hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 93.89% kemudian hasil validasi ahli media untuk Google Sites memperoleh persentase sebesar 98 40% dan untuk modul ajar memperoleh persentase sebesar 98 89%. Selanjutnya hasil validas ahli praktisi lapangan mendapatkan hasil persentase kelayakan untuk Google Sites sebesar 94 86% dan untuk modul ajar sebesar 96 67%. Selain itu hasil uji coba peserta didik kelompok kecil dan kelompok besar memperoleh hasil rata-rata untuk media pembelajaran Google Sites memperoleh persentase kelayakan sebesar 91 19% dan untuk modul ajar sebesar 90 61%. Hasil ini termasuk interval penilaian 81 25% lt skor le 100% dengan kategori sangat layak dan tindak lanjut tanpa revisi. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis hybrid dengan Google Sites dan modul ajar sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu media pembelajaran ini bermanfaat bagi guru siswa dan pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/386105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |