Analisis tingkat kerusakan jalan menggunakan metode PCI dan alternatif penanganannya ruas Pucanglaban-Molang / Tiara Nazhilah Rahmaningtyas</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat kerusakan jalan menggunakan metode PCI dan alternatif penanganannya ruas Pucanglaban-Molang / Tiara Nazhilah Rahmaningtyas</p>

Rahmaningtyas, Tiara Nazhilah (2024) Analisis tingkat kerusakan jalan menggunakan metode PCI dan alternatif penanganannya ruas Pucanglaban-Molang / Tiara Nazhilah Rahmaningtyas</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kerusakan jalan merupakan kondisi dimana struktur perkerasan jalan tidak mampu menciptakan tingkat layanan yang baik terhadap arus dan keselamatan lalu lintas. Penyebab kerusakan jalan yakni meningkatnya beban kendaraan yang melebihi kapasitas. Untuk meminimalisir akibat dari kerusakan jalan maka diperlukan adanya penanganan kerusakan perkerasan jalan. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis tingkat kerusakan jalan (2) menganalisis penanganan yang diterapkan berdasarkan tingkat kerusakan yang terjadi pada jalan raya Pucanglaban. Tahapan awal dalam penelitian ini dimulai dengan melakukan survei visual kemudian dilakukan penilaian kondisi kerusakan dengan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index) dimana suatu metode untuk mengetahui nilai kondisi perkerasan jalan berdasarkan 3 aspek penting yaitu (1) jenis kerusakan (2) tingkat kerusakan dan (3) luas kerusakan serta dapat digunakan sebagai acuan dalam usaha penanganan kerusakan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan analisis menggunakan metode PCI secara kondisi ruas Jalan Pucanglaban memiliki kerusakan perkerasan jalan dengan tingkat good 13 3% statisfactory 20% fair 40% poor 20% very poor 6 7%. (2) Penanganan kerusakan fungsional dilakukan dengan metode perbaikan standar yakni P2 (Pengaspalan) untuk kerusakan Retak Kulit Buaya (alligator cracking) dan Retak Samping Jalan (lana/shoulder drop off) P3 (Penutupan Retakan) untuk Kerusakan Retak Sambung (joint reflection) dan Pelepasan Butir (weathering) P4 (Pengisian retakan) untuk kerusakan Retak Memanjang (long and trans cracking) serta P5 (Penambalan Lubang) untuk kerusakan Patah Slip (slippage cracking). Sedangkan pada kerusakan struktural dilakukan perencanaan tebal lapis tambah (overlay) dengan ketebalan 9 cm untuk jenis campuran laston 11 cm untuk lataston 8 cm untuk laston modifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/386103

Actions (login required)

View Item View Item