Pengembangan e-modul pemetaan sederhana untuk mata pelajaran teknik pengukuran tanah menggunakan aplikasi flip pdf professional / AGAM MAHURIP SUJUD</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul pemetaan sederhana untuk mata pelajaran teknik pengukuran tanah menggunakan aplikasi flip pdf professional / AGAM MAHURIP SUJUD</p>

Sujud, Agam Mahurip (2024) Pengembangan e-modul pemetaan sederhana untuk mata pelajaran teknik pengukuran tanah menggunakan aplikasi flip pdf professional / AGAM MAHURIP SUJUD</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kendala pada pemahaman siswa mengenai mata pelajaran pemetaan sederhana tersebut. Penyebab dari kendala tersebut adalah karena kurangnya media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran siswa. Selain itu materi pemetaan sederhana sulit diakses melalui internet dan belum ada buku mata pelajaran khusus yang digunakan dalam proses pembelajaran di SMKN 3 Boyolangu. Maka dari itu dibutuhkan sumber belajar baru yang disajikan dalam bentuk yang lebih menarik praktis bervariasi dan mudah diakses. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mendapatkan e-modul mengenai materi pemetaan sederhana yang baru dan menguji kelayakannya untuk kemudian digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model penelitian Borg amp Gall yang termuat dalam buku Sugiyono dengan enam tahap yaitu 1) Potensi dan Masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk 4) Validasi Ahli 5) Revisi Desain 6) Validasi Responden. Selanjutnya e-modul yang dikembangkan dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media serta dilakukan validasi responden oleh peserta didik guna mengetahui tingkat kelayakannya. Hasil dari pengembangan ini adalah berupa e-modul pemetaan sederhana untuk mata pelajaran teknik pengukuran tanah dengan format html5. Selanjutnya hasil validasi oleh ahli materi didapatkan rata-rata sebesar 83 4 % hasil validasi oleh ahli media didapatkan rata-rata sebesar 87 8 % dan hasil validasi yang didapatkan dari siswa rata-rata sebesar 85 6 %. Berdasarkan uraian diatas selanjutnya dilakukan rata-rata keseluruhan nilai validasi yang mendapatkan presentase sebesar 85 6 % yang dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan dikategorikan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/386100

Actions (login required)

View Item View Item