Persepsi guru tentang akuntabilitas dan transparansi manajemen keuangan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Negeri se-Kota Probolinggo / Diana Fathiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru tentang akuntabilitas dan transparansi manajemen keuangan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Negeri se-Kota Probolinggo / Diana Fathiyah

Fathiyah, Diana (2017) Persepsi guru tentang akuntabilitas dan transparansi manajemen keuangan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Negeri se-Kota Probolinggo / Diana Fathiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fathiyah Diana. 2017. Persepsi Guru Tentang Akuntabilitas dan Transparansi Manajemen Keuangan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Negeri Se-Kota Probolinggo. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M. Pd (II) Teguh Triwiyanto S. Pd M. Pd. Kata kunci persepsi guru akuntabilitas transparansi manajemen keuangan sekolah. Manajemen keuangan merupakan suatu kegiatan mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi terhadap keuangan yang ada disekolah. Akuntabilitas dalam bidang manajemen keuangan sekolah merupakan bentuk pertanggungjawaban terhadap manajemen keuangan sekolah baik kepada pihak internal maupun eksternal. Transparansi dalam bidang manajemen keuangan sekolah merupakan keterbukaan terhadap pengelolaan keuangan sekolah baik kepada pihak internal dan eksternal. Pihak internal yang dimaksud adalah guru dan tenaga kependidikan. Sedangkan pihak eksternal adalah orangtua siswa dan masyarakat. Sekolah berusaha untuk menerapkan transparansi dan akuntabilitas mengenai manajemen keuangan sekolah tidak hanya kepada pihak internal maupun eksternal saja melainkan pada keduanya. Sehingga pandangan guru mengenai penyelewengan dana sekolah oleh pihak sekolah dapat diminimalisir dengan adanya transparansi dan akuntabilitas manajemen keuangan sekolah tersebut. Adanya transparanasi dan akuntabilitas dalam manajemen keuangan sekolah terhadap guru diharapkan guru mampu menilai dan merasakan transparansi dan akuntabilitas yang diterapkan dalam mananjemen keuangan di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan 1) tingkat persepsi guru tentang akuntabilitas dan transparansi manajemen keuangan SLTA Negeri Se-Kota Probolinggo 2) persepsi guru tentang akuntabilitas manajemen keuangan SLTA Negeri Se-Kota Probolinggo dan 3) persepsi guru tentang transparansi manajemen keuangan SLTA Negeri Se-Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Rancangan atau desain penelitian ini adalah deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup. Responden dalam penelitian adalah guru SLTA Negeri Kota Probolinggo. Penelitian ini mengandung dua variable. Dua variabel tersebut adalah persepsi guru tentang akuntabilitas manajemen keuangan sekolah (X1) dan persepsi guru tentang transparansi manajemen keuangan sekolah (X2). Hasil penelitian menunjukkan 1) tingkat persepsi guru tentang akuntabilitas manajemen keuangan SLTA Negeri Se-Kota Probolinggo termasuk dalam kategori sedang. Nilai Persentase paling terbesar adalah 46 5% atau sebanyak 101 responden dan nilai persentase terkecil adalah 1 8% atau sebanyak 4 responden . Sedangkan berdasarkan jenjang pendidikan responden sebagian besar berasal dari kalangan pendidikan Sarjana (S1). Skor persentase tertinggi setiap sekolah diraih oleh SMAN 2 Probolinggo sebesar 56 3% dan skor persentase terkecil setiap sekolah diraih oleh SMKN 1 Probolinggo sebesar 40 1 %. Sedangkan tingkat persepsi guru tentang transparansi manajemen keuangan SLTA Negeri Se-Kota Probolinggo termasuk dalam kategori sedang. Nilai persentase paling terbesar adalah 46 7% atau sebanyak 102 responden dan nilai persentase paling terkecil adalah 1 7% atau sebanyak 4 responden. berdasarkan jenjang pendidikan responden sebagian besar berasal dari kalangan pendidikan Sarjana (S1). Selain itu skor persentase tertinggi setiap sekolah diraih oleh SMAN 2 Probolinggo sebesar 58 2% dan skor persentase terkecil diraih oleh SMKN 1 Probolinggo sebesar 41 8% 2) Persepsi guru tentang akuntabilitas manajemen keuangan sekolah adalah sedang. Pengetahuan guru mengenai akuntabilitas atau pertanggungjawaban manajemen keuangan di sekolah adalah sedang. Guru setidaknya sudah memahami atau memiliki pengetahuan yang baik mengenai akuntabilitas manajemen keuangan yang ada di sekolah dan 3) Persepsi guru tentang transparansi manajemen keuangan sekolah adalah sedang. Pengetahuan guru mengenai transparansi atau keterbukaan manajemen keuangan di sekolah adalah sedang. Guru setidaknya sudah memahami atau memiliki pengetahuan yang baik mengenai transparansi manajemen keuangan yang ada di sekolah. Saran dalam penelitian ini bagi 1) Walikota probolinggo diharapkan mampu memanfaatkan penelitian hasil ini sebagai bahan pertimbangan dalam membuat dan menentukan kebijakan 2) Penentu atau pengambilan kebijakan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kemnenag diharapkan mampu memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam rangka penyelenggaraan berbagai program pendidikan 3) Kepala SMA/SMK/MA Negeri Kota Probolinggo diharapkan lebih meningkatkan pengetahuannya tentang manajemen keuangan sekolah supaya guru tentang transparansi manajemen keuangan sekolah lebih baik serta lebih optimal 4) Guru SMA/SMK/MA Negeri Se-Kota Probolinggo hendaknya masih perlu meningkatkan kemampuan untuk memahami tentang transparansi manajemen keuangan sekolah 5) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat menjadikan Akuntabilitas dan Transparansi Manajemen Keuangan Sekolah sebagai matakuliah serta perbaikan terhadap matakuliah Akuntabilitas Pendidikan dan 6) Peneliti lain dapat menjadikan hasil analisis dan temuan penelitian ini sebagai bahan perbandingan untuk dikaji ulang serta dilakukan penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3861

Actions (login required)

View Item View Item