Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Karang Rejo Tulungagung / Aris Endrawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Karang Rejo Tulungagung / Aris Endrawan

Endrawan, Aris (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Karang Rejo Tulungagung / Aris Endrawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas X-4 SMA Negeri 1 Karang Rejo Tulung Agung proses pembelajaran ekonomi di kelas X-4 masih menggunakan metode ceramah (metode pembelajaran tradisional) yang cenderung terpusat pada guru (teacher centered) yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu keadaan kelas menjadi monoton dan mebosankan yang dikarenakan oleh kurang terlibatnya siswa dalam proses pembelajaran secara maksimal. Dari Proses pembelajaran tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa sangat rendah dan tidak memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu metode pembelajaran yang mampu meningkatkan dan mengoptimalkan kegitan belajar mengajar di kelas karena siswa dituntut untuk bertanggung jawab pada proses belajarnya dan terlibat aktif serta memiliki usaha yang besar untuk berprestasi sesuai dengan prinsip proses pembelajaran kooperatif. Siswa bekerja sama secara kolaboratif dan bertanggung jawab atas keberhasilan kelompoknya. Metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Alasan ini mendasari penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dalam penelitian. Berdasarkan hasil observasi peneliti merumuskan masalah Apakah penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Karang Rejo Tulung Agung Tujuan dari penelitia penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Karang Rejo Tulung Agung melalui pembelajaran yang dilakukan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Karang Rejo Tulung Agung dengan jumlah siswa 45 orang siswa yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 25 orang siswa perempuan. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa hasil belajar siswa aspek kognitif afektif dan psikomotor yang diperoleh dalam 2 siklus. Data hasil belajar aspek kognitif diperoleh dari skor pre test dan pos test yang diberikan pada setiap siklus. Sedangkan data hasil belajar aspek afektik dan psikomotor diperoleh melalui observasi langsung selama tindakan diberikan dengan mengunakan rublik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif afektif dan psikomotor. Hasil belajar aspek kognitif pada siklus I menunjukkan persentase rata-rata nilai kelas sebesar 48 13% pada kegitan pre test dan meningkat menjadi 77 67% pada kegiatan pos test. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 35 60% pada kegitan pre test dan meningkat menjadi 68.89% pada kegiatan pos test. Sehingga kelas X-4 belum dinyatakan tuntas belajar karena ketuntasan belajarnya masih di bawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yaitu sebesar 80%. Pada siklus II persentase rata-rata nilai kelas sebesar 50 40% pada kegitan pre test dan meningkat menjadi 87 62% pada kegitan pos test. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 40 00% pada kegitan pre test dan pada kegiatan pos test ketuntasan belajar klasial meningkat menjadi 91 11%. Sehingga pada siklus II kelas X-4 dapat dinyatakan telah tuntas belajar karena sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar aspek afektif menunjukkan persentase rata-rata nilai afektif kelas sebesar 72 38% dan mengalami peningkatan sebesar 90 76% pada siklus II. Hasil belajar aspek psikomotor menunjukkan persentase rata-rata nilai psikomotor kelas sebesar 71 58% pada siklus Idan mengalami peningkatan sebesar 84 58% pada siklus II. (2) Respon Siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) secara umum baik. Pada poin 1 siswa yang menjawab a (senang) terhadap penerapan metode pembelajaran koopertif model Numbered Heads Toghether (NHT) sebesar 80% dan tidak senang sebesar 20%. Pada poin 2 siswa yang berpendapat model pembelajaran yang memberikan hasil belajar yang optimal adalah metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) (Model 1) sebesar 75 56% sedangkan siswa yang menjawab model pembelajaran ceramah atau tradisional (Model 2) sebesar 24 44%. Pada Poin 3 siswa yang menjawab Ya untuk penggunaan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat memudahkan memahami konsep konsep pelajaran sebesar 77 78% sedangkan siswa yang menjawab Tidak sebesar 22 22%. Pada poin 4 siswa yang menjawab Ya untuk penggunaan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan minat belajar terhadap pelajaran ekonomi sebesar 84 44% sedangkan siswa yang menjawab Tidak sebesar 15 56%. Pada poin 5 siswa yang menjawab Sangat Menarik sebesar 15 56% untuk penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk siswa yang menjawab Menarik sebesar 57 78% untuk siswa yang menjawab Cukup Menarik sebesar 24 44% sedangkan siswa yang menjawab Tidak Menarik sebesar 2 22%. Untuk poin 6 siswa yang menjawab Sudah untuk waktu yang diberikan guru dalam megerjakan tugas (mengerjakan LKS) maupun mengerjakan soal tes sebesar 95 56% sedangkan siswa yang menjawab Belum sebesar 4 44%. Berdasarkan hasil penelitian ini didasarankan kepada guru ekonomi di SMA Negeri1 Karang Rejo pada khususnya dan semua guru ekonomi sekolah lain pada umumnya untuk menggunkan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) ini. Karena metode ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu bagi guru mata pelajaran lain untuk menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) ini. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) lebih dari dua siklus agar diperoleh hasil yang obtimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38609

Actions (login required)

View Item View Item