Pengaruh pembelajaran modul terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN I Kesamben-Blitar / Nurul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran modul terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN I Kesamben-Blitar / Nurul Hidayah

Hidayah, Nurul (2009) Pengaruh pembelajaran modul terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN I Kesamben-Blitar / Nurul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Modul Ekonomi Prestasi Belajar. Untuk memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi maka banyak para ahli kependidikan yang terdorong untuk melakukan upaya-upaya pembeharuan atau strategi dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dewasa ini telah banyak dikembangkan suatu bentuk pembelajaran yang dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar secara individual. Bentuk atau strategi pembelajaran ini memiliki landasan bahwa seseorang itu memiliki kemampuan potensial (intelegensi dan bakat) yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Pembelajaran modul merupakan salah satu alternatif dalam menyelenggarakan pengajaran individual. Pembelajaran modul mampu memberi kemungkinan kepada siswa untuk belajar mandiri karena setiap siswa dalam kelas dilibatkan secara maksimal dengan menciptakan kondisi eksternal yang optimal bagi masing-masing siswa dan modul merupakan satuan program belajar mengajar memuat rangkaian kegiatan belajar yang direncanakan secara sistematis baik bagi siswa maupun guru sehingga hasil kerja yang dicapai siswa sesuai dengan tingkat kemampuan sendiri. Adanya penentuan kecepatan oleh masing-masing siswa dalam mempelajari modul membuat guru memiliki cukup waktu untuk menguasai bahan pelajaran sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran modul terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 1 Kesamben Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi eksperimental atau eksperimental semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMAN 1 Kesamben sedangkan sampelnya kelas X c dan X d SMAN 1 Kesamben tahun ajaran 2008/2009 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis penelitian yang dipakai adalah uji beda dua rata-rata atau t-test . Meningkatnya prestasi belajar siswa dapat diketahui dari ketuntasan belajar dan hasil kemampuan akhir siswa atau post-test pada matapelajaran ekonomi sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dengan menggunakan pembelajaran modul ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terbukti dengan analisis hasil belajarnya yang dapat dilihat dari ketentuan belajar siswa terdapat perbedaan yang signifikan. Yaitu pada kelas kontrol sebesar 90% telah tuntas dan 10% tidak tuntas. Sedangkan kelas eksperimen sebesar 100% telah tuntas dan 2 5% yang belum tuntas dalam belajar. Sedangkan dari hasil nilai rata-rata kemampuan akhir siswa kelas kontrol 75 87 dan kelas eksperimen 84 37. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada matapelajaaran ekonomi tidak lebih baik dari kelas eksperimen serta terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran modul terhadap prestasi belajar siswa pada matapelajaran ekonomi di SMAN 1 Kesamben. Adapun saran yang bisa diberikan adalah agar dalam mengajar guru hendaknya menggunakan modul untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa diharapkan memiliki kreativitas yang tinggi sehingga modul yang dipelajari dapat diselesaikan tepat waktu dan bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian tentang penggunaan modul pada materi lain dan diharapkan hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai dasar pengembangan modul sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan di sekolah-sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38607

Actions (login required)

View Item View Item