Efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Batu / Norma Rosida - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Batu / Norma Rosida

Rosida, Norma (2009) Efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Batu / Norma Rosida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Oleh karena itu pembaruan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Perlu adanya pemilihan metode pembelajaran yang tepat disamping penggunaan media pembelajaran yang sesuai sehingga dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Model pembelajaran bisa memperbaiki pencapaian prestasi belajar siswa. Penerapan model pembelajaran akan menjadi salah satu acuan bagi siswa untuk memperoleh informasi mengenai pelajaran yang diajarkan selain untuk berinteraksi antara guru dengan siswa. Salah satunya dengan model pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai mata pelajaran untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Model pembelajaran ini diberikan pada siswa agar siswa mampu berinteraksi baik dengan guru maupun dengan teman untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru. Dengan menggunakan model pembelajaran ini siswa dilatih untuk menyelesaikan masalah sendiri dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan tersebut maka dilakukan penilaian pada siswa. Hasil belajar merupakan pengukur tingkat kemampuan siswa apakah siswa tersebut telah memahami materi yang diberikan ataukah belum. Hasil belajar dapat diukur dari tiga aspek yaitu aspek kognitif afektif dan psikomotorik. Model pembelajaran yang dilakukan pada siswa disesuaikan dengan materi yang diajarkan pada siswa agar hasil belajar yang didapat siswa lebih optimal. Untuk mengetahui sejauh mana keefektifan penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar maka diadakanlah penelitian ini yang mengambil salah satu model pembelajaran yaitu pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan dalam pengajaran ekonomi di sekolah yaitu pada materi permintaan penawaran harga keseimbangan dan pasar. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Batu dengan mengambil subyek siswa kelas X-9 pada mata pelajaran ekonomi dengan materi permintaan penawaran harga keseimbangan dan pasar yang dilaksanakan mulai tanggal 13 September hingga 18 Oktober 2008. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara jelas dan nyata tentang peristiwa yang tampak selama proses pembelajaran. Peristiwa yang dimaksud adalah proses pelaksanaan langkah pembelajaran yang diterapkan dalam kelas aktivitas belajar dan hasil belajar serta respon belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini terlihat pada nilai-nilai yang diperoleh siswa tiap siklus. Nilai kognitif siklus I perolehan rata-rata siswa sebesar 75.47 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 62.5%. Pada siklus II perolehan nilai kognitif rata-rata sebesar 81.72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87.5%. Nilai psikomotor rata-rata siswa siklus I sebesar 80.63 sedangkan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 92.34. Bila ketuntasan belajar diprosentase maka pada siklus I nilai psikomotor yang diperoleh siswa sebanyak 81.25% dan pada siklus II menjadi 100%. Prosentase ketuntasan belajar aspek afektif yang diperoleh siswa sebesar 68.75% pada siklus I dan pada siklus II prosentase ketuntasan rata-rata aspek afektif siswa sebesar 84.37% dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada kenaikan sebesar 15.62% pada aspek afektif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari aspek kognitif afektif dan psikomotorik serta respon siswa dalam mengikuti mata pelajaran ekonomi. Saran dalam penelitian antara lain (1) bagi guru mata pelajaran ekonomi disarankan untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif yang salah satunya model Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar dari proses pembelajaran (2) penerapan model pembelajaran kooperatif model Jigsaw hendaknya disesuaikan dengan materi yang diajarkan sehingga dapat menuntut siswa untuk lebih aktif dan kreatif berpendapat untuk menyelesaikan masalah (3) diperlukan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa agar pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan berjalan optimal dan mendapatkan hasil yang sempurna salah satunya dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw (4) bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan tindakan lebih dari dua siklus jika diperlukan untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal serta adanya konsep pengukuran tentang tujuan pembelajaran dalam mengukur keefektifan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38606

Actions (login required)

View Item View Item