Evaluasi penerapan model project based learning pada program keahlian DPIB di SMK Islam 1 Blitar / Mohamad Fuad Chabib</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi penerapan model project based learning pada program keahlian DPIB di SMK Islam 1 Blitar / Mohamad Fuad Chabib</p>

Chabib, Mohamad Fuad (2025) Evaluasi penerapan model project based learning pada program keahlian DPIB di SMK Islam 1 Blitar / Mohamad Fuad Chabib</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah menengah kejuruan merupakan jenjang pendidikan yang dirancang mengajarkan peserta didik keterampilan khusus untuk terampil serta di dunia industri melalui pembelajaran praktis bidang kejuruan. Kurikulum merdeka mendorong kemandirian peserta didik melalui penerapan model Project Based Learning yang mengembangkan keterampilan dalam berpikir kreatif dan kritis melalui pengerjaan proyek nyata dengan pendekatan student-centered. Penerapan suatu model pembelajaran harus terus dipantau dan dievaluasi untuk menilai pelaksanaan program mengukur efektivitas dan relevansinya serta mengidentifikasi kelemahan dan area yang perlu diperbaiki. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas perencanaan dan pelaksanaan Project Based Learning pada program keahlian DPIB di SMK Islam 1 Blitar. Menggunakan model evaluasi discrepancy dengan membandingkan antara rencana dan kenyataan yang mencakup aspek desain instalasi proses dan produk untuk menilai tingkat kesesuaian antara rencana pembelajaran dengan pelaksanaanya di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap desain instalasi proses maupun produk tidak terdapat kesenjangan. Kualitas perencanaan dan pelaksanaan model Project Based Learning dapat dikategorikan baik karena semua indikator telah terpenuhi dan dijalankan dengan baik. Sekolah memastikan semua aspek perencanaan dan persiapan berjalan efektif memenuhi persyaratan untuk pembelajaran berbasis proyek. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning pada program keahlian DPIB di SMK Islam 1 Blitar berhasil tanpa kendala. Semua pihak terkait menunjukkan tidak ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan dalam pelaksanaan. Dokumen pendukung menunjukkan seluruh proses perencanaan dan implementasi sesuai standar pernyataan yang diungkapkan pihak sekolah juga mendapatkan tingkat persetujuan yang tinggi dari peserta didik. Hasil ini menunjukkan penerapan PBL telah meningkatkan pencapaian akademis peserta didik. Keterlibatan aktif peserta didik dalam memberikan umpan balik konstruktif dan kepuasan setelah proyek menegaskan respons positif terhadap metode pembelajaran ini. Penerapan model Project Based Learning di SMK Islam 1 Blitar berhasil menghasilkan pengalaman belajar yang kontekstual mendalam dan memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/386051

Actions (login required)

View Item View Item