Pratiwi, N. Bekti (2024) Kontribusi kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap hasil belajar siswa kompetensi keahlian dpib dan TKP SMK Negeri 1 jenangan Ponorogo / N. Bekti Pratiwi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Beberapa faktor internal dan eksternal mempengaruhi hasil belajar siswa. Guru sebagai peran penting dalam jalannya kegiatan pembelajaran menjadi salah satu faktor dari luar diri siswa. Guru sebagai sumber pengetahuan utama dalam konteks kelas diyakini berperan penting bagi siswa dalam meningkatkan prestasinya. Dalam menjalankan tugasnya guru wajib menguasai kompetensi guru yang telah ditetapkan diantaranya adalah kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru. Dengan penguasaan kompetensi tersebut guru dapat membantu siswa dalam mencapai hasil belajar yang memuaskan. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap hasil belajar siswa kompetensi keahlian DPIB dan TKP SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 95 siswa kelas XI yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling dari populasi siswa kompetensi keahlian DPIB amp TKP SMKN 1 Jenangan tahun ajaran 2024/2025. Teknik penghimpunan data berupa angket kuesioner dan dokumentasi. Analisis statistik deskriptif uji persyaratan dan uji hipotesis digunakan dalam teknik analisis data dalam penelitian ini. Dalam menganalisis data digunakan bantuan program software IBS SPSS versi 27.0 for Windows. Hasil penelitian menerangkan kompetensi pedagogik guru memiliki nilai rata-rata sebesar 73 56 dalam kategori rendah kompetensi profesional guru pada kategori sedang memiliki rata-rata 76 38 dan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 81 96 dalam kategori tinggi. Kompetensi pedagogik guru secara zero-order berkontribusi signifikan sebesar 9 79% terhadap hasil belajar siswa dengan harga Sig. 0 002 lt 0 05 sementara itu secara parsial berkontribusi sebesar 3 61% namun tidak signifikan dengan harga r hitung (0 190) lt r tabel (0 202). Kompetensi profesional guru secara zero-order berkontribusi signifikan sebesar 5 06% terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Sig. 0 013 lt 0 05 selanjutnya secara parsial berkontribusi sebesar 0 06% namun tidak signifikan dengan nilai r hitung (0 024) lt r tabel (0 202). Kemudian secara bersama-sama kompetensi pedagogik dan profesional guru berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa yaitu sebesar 9 9% dengan nilai Sig. 0 008 lt 0 05. Uraian tersebut diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) kompetensi pedagogik guru tergolong kategori rendah kompetensi profesional guru tergolong kategori sedang dan hasil belajar siswa tergolong kategori tinggi. (2) kompetensi pedagogik guru secara zero-order berkontribusi signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 9 79% sedangkan secara parsial kompetensi pedagogik guru berkontribusi sebesar 3 61% terhadap hasil belajar siswa namun tidak cukup kuat. (3) Kompetensi profesional guru secara zero-order berkontribusi signifikan sebesar 5 06% terhadap hasil belajar siswa sedangkan secara parsial kompetensi profesional guru berkontribusi sebesar 0 06% terhadap hasil belajar siswa namun tidak cukup kuat. (4) secara bersama-sama kompetensi pedagogik dan profesional guru berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 9 9%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/386049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |