Aji, Sunu Waskita (2024) Pengembangan e-modul berbasis mind mapping pada mata pelajaran konstruksi bangunan gedung materi k3lh kelas xi KGSP SMKN 3 Boyolangu / SUNU WASKITA AJI</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dasar dari penelitian ini adalah permasalahan tentang kurangnya bahan ajar yang digunakan oleh murid kelas XI KGSP di SMKN 3 Boyolangu. Bahan ajar yang bisa digunakan oleh siswa hanya sedikit dan hanya tersedia terbatas. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-modul berbasis mind mapping pada Pelajaran K3LH dan mengetahui kelayakan kepraktisan dan keefektifan apabila produk mulai disebarkan di dalam lingkup sekolah. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengebangan ADDIE terdiri dari analisis Desain Pengembangan Implementasi dan Evaluasi. Menggunakan subjek sebanyak 37 siswa kelas XI KGSP 2 dilakukan 2 ujian yaitu uji perorangan dengan subjek 3 orang siswa dan uji lapangan dengan subjek 37 orang siswa.Pengumpulan data menggunakan system wawancara dan observasi angket validasi yang diisi oleh ahli media dan ahli materi sedangkan angket respon siswa akan diisi oleh siswa serta terdapat tes kognitif berupa soal pre-test dan post-test. Penelitian ini mendapatkan hasil (1) Menghasilkan produk e-modul berbasis mind mapping yang memiliki kelebihan diantaranya terdapat link pembelajaran di dalam e-modul yang bisa diakses oleh siswa dengan memilih link video handphone tidak memerlukan spesifikasi perangkat yang tinggi tersedianya mind mapping yang memudahkan siswa mengingat Pelajaran file hanya berbentuk pdf yang mudah dibawa para siswa kemana saja. Untuk kekurangan e-modul berbasis mind mapping diantaranya Memerlukan koneksi internet apabila ingin mengakses video pembelajaran memerlukan handphone android minimal dengan os lollipop agar lancar mengakses e-modul materi yang disajikan hanya poin pinnya saja. (2) Untuk kelayakan e-modul sendiri mendapatkan nilai 83 25% dari ahli media dan mendapatkan kategori sangat layak sedangkan untuk ahli materi mendapatkan nilai 90% dan mendapat kategori sangat layak. Kepraktisan mendapatkan nilai 85 28% dengan kategori praktis. (3) Dalam penggunaannya media e-modul bisa meningkatkan belajar siswa sebesar 41% dan mendapat nilai keefektifan yang diuji dengan normalitas N-gain sebesar 0 54 dan mendapat kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/386039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |