Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe question student have menggunakan media maket terhadap hasil belajar peserta didik kelas xi DPIB SMK Negeri 1 kediri / Armillulla Silarachman</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe question student have menggunakan media maket terhadap hasil belajar peserta didik kelas xi DPIB SMK Negeri 1 kediri / Armillulla Silarachman</p>

Silarachman, Armillulla (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe question student have menggunakan media maket terhadap hasil belajar peserta didik kelas xi DPIB SMK Negeri 1 kediri / Armillulla Silarachman</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Learning Loss merupakan fenomena yang terjadi di bidang pendidikan akibat pandemi COVID-19. Learning Loss menyebabkan pembelajaran kurang efektif sehingga berdampak pada peserta didik selama proses kegiatan dan mengajar berlangsung. Upaya pemerintah mengatasi fenomena Learning Loss melalui Implementasi Kurikulum Merdeka (IKN) yang bertujuan mendorong keaktifan peserta didik namun berdasarkan data penelitian terdahulu masih ditemui permasalahan selama proses kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran abad 21 kooperatif tipe question student have mampu memberikan stimulus kepada peserta didik untuk aktif selama proses kegiatan belajar dan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe question student have menggunakan media maket terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen yang berpola nonequivalent control group design. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kediri. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI jurusan DPIB yang berjumlah 65 peserta didik dengan rincian XI DPIB 1 berjumlah 32 peserta didik dan XI DPIB 2 yang berjumlah 33 peserta didik. Sampe penelitian ini adalah rincian XI DPIB 1 sebagai kelompok kelas eksperimen dan XI DPIB 2 sebagai kelompok kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan angket untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran dan Post-Test untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pengolahan data yang didapatkan guna untuk menjawab rumusan masalah yaitu 1) keterlaksanaan pembelajaran didapatkan hasil pada kelompok kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment) mennyatakan dalam kategori baik dan frekuensi angket respon paling banyak pada kategori tinggi sedangkan keterlaksanaan pembelajaran didapatkan hasil pada kelompok kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan (treatment) mennyatakan dalam kategori cukup baik dan frekuensi angket respon paling banyak pada kategori sedang 2) hasil belajar nilai Post-Test kelompok kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 82 56 jika dibulatkan 83 sedangkan belajar nilai Post-Test kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 82 32 jika dibulatkan 82. Uji Hipotesis dari nilai rata-rata Post-Test menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe question student have menggunakan media maket.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/386037

Actions (login required)

View Item View Item